Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah

Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah 1
Ditulis oleh Feby

Dalam masa-masa penularan pandemi yang sangat luar biasa ini, kita semua dihimbau untuk sebisa mungkin tetap tinggal di rumah guna mengurangi interaksi sosial. Tapi, tinggal di rumah untuk waktu yang cukup lama, melakukan kegiatan yang itu-itu saja, bertemu tapi masih harus membatasi interaksi dengan keluarga, apakah kamu tidak merasa bosan?.

Nah Edufriends, agar tidak merasa bosan, yuk kita coba untuk fokus pada kesehatan diri kita. Lagipula, bukankah kesehatan memang sudah seharusnya menjadi fokus utama kita saat ini? Jadi, apa saja yang harus kita kerjakan agar tetap sehat saat belajar dari rumah?

Simak tips menjaga kesehatan agar tetap sehat  selama belajar di rumah :

1. Makan dengan Gizi Seimbang, Jangan Lupa Buah dan Sayur

Sudah pasti badan kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Bila terkadang kita masih memilih-milih menu makanan, sekarang saatnya untuk mentolerir semua jenis makanan yang bergizi seperti daging, ikan, sayur, buah, dan lain-lain. Bila keadaan memungkinkan, jaga variasi makanan baik jenisnya, warnanya, maupun cara mengolahnya.

2. Jaga Hidrasi, Minum Air Putih yang Cukup

Minum hanya saat merasa haus? Kebanyakan kita baru ingat minum setelah merasa haus. Padahal ketika merasa haus, tandanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan. Disisi lain, penting sekali disaat penyakit mewabah seperti sekarang ini, kita menjaga hidrasi agar seluruh organ badan dapat berfungsi maksimal.

3. Jaga Kebersihan, Cuci Tangan dengan Sabun

Tangan adalah medium bakteri dan virus berpindah. Ada berapa banyak barang yang kita sentuh dan pegang setiap hari? Lalu, sudah berapa kali kah kita menyentuh hidung atau mengucek mata dalam satu jam terakhir? kita tidak pernah tau resiko yang ditimbulkan oleh tangan kita. Jadi, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 30 detik.

4. Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Berada di rumah sepanjang waktu bisa terasa menyesakkan, apalagi bila kita sudah terbiasa aktif di luar rumah. Olahraga ringan dapat membantu kita melemaskan otot-otot yang pegal karena aktivitas gerak yang itu-itu saja. Olahraga juga memicu produksi hormon-hormon yang bisa membuat kita merasa senang. Kita juga butuh istirahat yang cukup untuk mengimbanginya.

5. Gunakan Masker bila Batuk

Bila kita mulai batuk-batuk, meskipun kita belum tahu pasti apa penyebabnya, maka kita harus menggunakan masker. Karena, masker dapat menghambat kita untuk menularkan virus kepada orang lain. Selain itu, saat ini batuk ringan yang terasa biasa bagi kita mungkin, akan dianggap  menghawatirkan bagi kesehatan orang lain. Oleh karena itu, meskipun berada di rumah dan kamu mulai batuk, jangan lupa pakai masker ya Edufriends!

Meski kita sudah menerapkan di rumah saja, tidak menjamin kita akan terhindar dari penyebaran virus. Kita tetap harus menjaga kebersihan dan tetap melakukan pembatasan fisik dengan orang-orang di sekitar kita. Menjaga kesehatan diri selama berlajar di rumah, dapat membantu untuk  memutuskan rantai penyebaran virus. Ayo jaga kesehatanmu ya Edufriends.