Tips dan Trik

Tips Mengatasi Ngantuk Saat di Kelas

Tips Mengatasi Ngantuk Saat di Kelas 1
Ditulis oleh admin

Rasa ngantuk yang tiba-tiba muncul pas lagi belajar di kelas memang mengganggu banget, nggak sih? Pelajaran jadi nggak nyantol di kepala, ditambah lagi kena tegur guru.

“Kamu, yang duduk di barisan 10 bangku ke 5 dari kanan, jangan tidur!” (bentar, ini berapa banyak ya muridnya)

Permasalahannya bukan hanya rasa ngantuknya saja yang mengganggu, tetapi nggak sanggup menahan untuk tetap terjaga dan ngantuk di waktu yang nggak tepat itulah yang bisa menghambat aktivitas yang sedang kita lakukan. Kalo diibaratkan kayak pepatah tuh bunyinya jadi: tidur segan melek pun nggak bisa.

Sebelum kamu yang baca ini jadi makin ngantuk, langsung aja deh simak tips mengatasi ngantuk saat di kelas di bawah ini:

Peregangan Kecil

Salah satu penyebab ngantuk bisa jadi karena proses oksigen berkurang di dalam sel otak. Padahal, otak kita memerlukan oksigen dan glukosa agar mampu bekerja. Melakukan peregangan kecil dapat memperlancar aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Melakukan gerakan-gerakan ringan seperti memutar badan, merentangkan tangan ke atas dan gerakan lainnya bisa mengurangi rasa kantuk yang menyerang kita.

Cari Kesibukan Lain

Terkadang rasa ngantuk adalah akibat dari kebosanan yang kita rasakan. Nah, kalo kamu udah ada tanda-tanda bosan yang mengarah ke ngantuk, coba kamu cari kesibukan yang membuat tubuh kamu bergerak. Misal, menggambar, membuat origami, merapikan tempat pensil. Tapi…. pastikan bahwa guru nggak keberatan kamu melakukan kesibukan lain atau diluar aktivitas belajar yang mengharuskan kamu untuk mendengarkan penjelasan guru.

Membasuh Wajah

Tips yang ini diketahui sebagai salah satu yang efeknya langsung terasa. Ketika ngantuk, otomatis ada perbedaan pada wajah kamu yang akan terlihat lesu. Nah, kamu bisa izin kepada guru untuk ke toilet dan membasuh wajah kamu. Air dingin mampu membuat kamu merasa segar kembali. Ingat ya cuma basuh wajah aja, nggak perlu mandi di toilet sekolah!

Minta Dicubit

Kalo pelajarannya lagi nggak memungkinkan kamu buat ke toilet untuk membasuh wajah, kamu bisa minta tolong temanmu untuk mencubit bagian tubuh kamu. Rasa sakit cubitan bisa mengalahkan rasa ngantukmu. Pasalnya cubitan akan mengaktifkan syaraf yang akan membawa pesan ke otak sehingga secara nggak sadar kamu akan merasa terjaga. Meski efek yang didapat dari cubitan nggak terlalu lama, tapi lumayan banget lho. Tapi inget ya dicubit jangan digebuk, bukannya seger tapi yang ada malah memar.

Makan Permen

Kalo yang ini sebenarnya tergantung kebijakan guru kamu. Kalo diizinkan, cara ini bisa membantu kamu. Makan permen membuat mulut kamu sibuk mengunyah dan otot-otot rahang dapat menstimulasi bagian tertentu dari otak sehingga bisa membuat rasa ngantukmu berkurang.

Tidur

Cara-cara di atas memang hanya sebentar bisa menahan ngantukmu. Kalo udah nggak tertahankan lagi, artinya kamu memang harus keluarin jurus terakhir yaitu tidur. Cukup tidur selama 15-30 menit, itu sudah membantu kamu mengembalikan stamina kamu supaya tetap terjaga. Tapi, jangan tidur di sela-sela pelajaran  berlangsung, gunakan saat jam istirahat kamu untuk tidur sebentar ya, Edufriends.

Sebenarnya, ngantuk adalah akibat dari rasa lelah. Supaya nggak terganggu dengan rasa ngantuk saat belajar, hal penting untuk kamu terapkan adalah selalu tidur yang cukup dan berhenti bermain gadget atau menonton televisi 20 menit sebelum pergi tidur, karena mata yang menatap layar biasanya akan tegang dan lelah sehingga  menyebabkan tubuhmu nggak rileks dan tidur menjadi nggak nyenyak. Dengan mengikuti pola tidur yang baik, maka stamina kamu akan terjaga esok harinya.