Tips dan Trik

Tips Mengatasi Kebosanan Ketika Belajar di Rumah

Tips Mengatasi Kebosanan Ketika Belajar di Rumah 1
Ditulis oleh Feby

Di tengah pandemi Covid-19 ini pemerintah menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan dialihkan menjadi kegiatan belajar di rumah. Hal ini merupakan upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yang penyebarannya semakin cepat, terutama pada anak-anak yang rentan sekali tertular.

Kegiatan belajar di rumah menerapkan sistem belajar online. Caranya beragam tergantung kebutuhan dan kesiapan antara guru dan murid. Ada yang diberikan tugas menggunakan grup di aplikasi pesan, ada pula yang menggunakan video call atau video recording. Anak-anak juga ada yang diharuskan untuk menghadiri kelas online di jam belajar normal seperti sekolah.

Sistem belajar yang diubah secara tiba-tiba ini tentu dirasa sulit karena belum terbiasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran guru masih sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Untuk itu, sosok orang tua sangatlah diperlukan ketika belajar di rumah.

Selain itu, anak-anak yang sudah terbiasa belajar di sekolah, belajar dengan teman, bertemu dengan teman-teman juga pasti merasa bosan dengan adanya belajar di rumah ini. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan ketika belajar di rumah, seperti:

1. Mencari kenyamanan belajar

Selama belajar di rumah tentu kamu bisa belajar dengan cara apapun yang membuatmu nyaman. Misalnya kamu bisa belajar di teras rumah sambil menikmati angin sepoi-sepoi, belajar di sofa sambil mendengarkan musik, dan lainnya yang membuatmu nyaman.

2. Belajar ditemani dengan cemilan

Biasanya ketika belajar di sekolah, murid dilarang untuk makan di kelas saat jam belajar. Nah, sekarang mumpung lagi belajar di rumah, Edufriends bisa belajar sambil ditemani dengan cemilan. Dijamin deh belajar jadi tidak membosankan dan tidak mengantuk. Tetapi cemilannya hanya jadi teman saja ya Edufriends, jangan sampai fokus kamu malah jadi ngemil bukannya belajar.

3. Belajar dengan manajemen waktu yang baik

Untuk dapat memahami materi pelajaran dengan penuh tidak harus berlama-lama didepan buku. Maksudnya,  cukup belajar secara rutin dan fokus sehingga tidak perlu berlama-lama belajar sehingga menjadi merasa bosan. Gunakan teknik pomodoro agar belajar kamu makin efektif.

4. Belajar di edutore.com

Selama belajar di rumah dan tidak ada sosok guru yang mengajar, Edufriends memerlukan usaha yang lebih dalam memahami materi pelajaran. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengerjakan latihan soal. Dengan mengerjakan latihan soal, Edufriends jadi lebih tahu materi apa yang belum dikuasai dan jenis soal apa yang sulit dikerjakan. Gramedia memberikan akses belajar gratis selama masa #BelajardiRumah melalui edutore.com. Edufriends bisa mengerjakan latihan soal yang bisa digunakan untuk memahami materi pelajaran.

Itulah beberapa cara yang bisa Edufriends lakukan selama #BelajardiRumah untuk mengatasi kebosanan dan memaksimalkan kegiatan belajar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!