Tips dan Trik

Tanaman Hijau yang Bermanfaat Untuk Diletakkan Dalam Kamar

Tanaman Hijau yang Bermanfaat Untuk Diletakkan Dalam Kamar 1
Ditulis oleh Feby

Edufriends, apakah kalian termasuk penyuka tanaman? Tahukah kalian selain bisa ditanam di halaman rumah, ada juga lho tanaman yang bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan termasuk kamar tidur. Tidak hanya sebagai hiasan, tanaman hijau yang dirawat di dalam ruangan bermanfaat untuk memproduksi oksigen. Meletakkan tanaman di dalam ruangan dapat membersihkan udara dan meningkatkan kelembapan. Sebagian besar tanaman dalam ruangan mampu menyerap polusi udara yang buruk bagi kesehatan. Selama #diRumahAja sepeti sekarang ini, tanaman hijau dalam ruangan tentunya memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan kita. Hmmm kira-kira tanaman hijau apa saja ya yang bisa ditanam di dalam ruangan? Nah, kali ini Eduteam akan menjelaskan tentang jenis-jenis tanaman, manfaat serta tips bagi Edufriends yang ingin memelihara tanaman di dalam ruangan. Penasaran kan? Yuk simak artikel berikut ini !

Kaktus 

Kaktus sebagai tumbuhan sukulen seringkali dijadikan tanaman hias karena alasan mudah untuk dirawat. Tumbuhan sukulen sendiri adalah tumbuhan yang mampu menyimpan air pada batangnya. Volume air yang disimpan tumbuhan sukulen relatif besar. Simpanan ini cukup untuk membantu tumbuhan bertahan di daerah gurun yang gersang. Selain itu, tampilan kaktus yang unik, mulai dari ukuran kecil sampai besar, bisa juga digunakan sebagai alat dekorasi kamar. Saat ini untuk mencari kaktus dengan beraneka jenis dan ukuran sangatlah mudah. Edufriends bahkan bisa menemukan penjual kaktus dengan mudah di marketplace ternama di Indonesia. Tanaman ini di banderol dengan harga mulai dari Rp 5.000,00 sampai dengan Rp 2.000.000,00. Berikut jenis – jenis kaktus, manfaat kaktus, dan juga tips merawat kaktus.

Kaktus mini Ariocarpus pada umumnya, kaktus memiliki duri pada daunnya. Namun, kaktus hias jenis Ariocarpus ini justru tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus mini ini memiliki bentuk prisma. Ada yang ujungnya melengkung, tumpul, atau runcing. Bunganya berukuran besar hampir seukuran batangnya dan memiliki aneka ragam warna seperti ungu, putih, pink, kuning, dan merah. Tanaman ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 550.000 –  Rp. 1.700.00

Kaktus mini Cereus tetragonus Kaktus mini berikutnya yang bisa kamu pelihara di kamar adalah kaktus mini jenis Cereus tetragonous. Kaktus mini ini berasal dari Amerika dan bisa tumbuh tinggi. Bentuknya menyerupai kastil sehingga cocok diletakkan sebagai penghias jendela di dalam kamar. Kaktus mini Cereus tetragonus di bandrol dengan harga Rp. 25.000 – Rp. 251.000

Kaktus mini Cephalocereus senilis Kaktus mini jenis Cephalocereus senilis sering juga disebut sebagai kaktus orang tua. Seluruh bagian kaktus mini ini dipenuhi rambut panjang berwarna putih, mirip seperti kakek-kakek yang ada di film kolosal. Tidak tanggung-tanggung, rambut putih tersebut bisa tumbuh hingga 12 cm. Agar kaktus yang satu ini bisa hidup dan tumbuh subur, kamu harus meletakkannya di area yang suhu udaranya sekitar 32-40º Celcius. Kaktus mini Cereus tetragonus di bandrol dengan harga Rp. 25.000 – Rp. 251.000


Manfaat Tanaman Kaktus

1. Sebagai hiasan kamar
2. Membersihkan udara di dalam kamar
3. Membuat ruangan tampak lebih natural
4. Membersihkan udara di dalam ruangan
5. Merangsang konstentrasi dan mengurangi stress
6. Membantu tidur lebih berkualitas

Tips Merawat Tanaman Kaktus

1. Pilih pot yang memiliki lubang di bawahnya
2. Tidak menyiram terlalu sering
3. Mengeluarkan atau menempatkan kaktus dekat cahaya matahari
4. Beri pupuk secara berkala
5. Pastikan air tidak menggenang pada daun

Sansevieria / Lidah Mertua

Sebagai tanaman hias, Sansevieria atau yang biasa disebut “lidah mertua” sangat mudah dirawat, tidak butuh banyak lahan, dan berfungsi sebagai penyerap polutan. Cocok dengan tuntutan masyarakat zaman ini yang sibuk, tak memiliki lahan yang cukup luas, dan sarat dengan polusi di sekitarnya. Sebagai komponen taman, sansevieria juga manjadi penghias ruang yang baik karena tampilannya yang menarik. Secara umum sansevieria (lidah mertua) dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Jenis dengan daun pendek (sekitar 8 cm) dan jenis dengan daun panjang (50-70 cm). Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag. Ciri sansevieria (lidah mertua) secara umum lainnya memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Mampu menyimpan air dalam jumlah yang banyak pada seluruh bagian tubuh. Mampu hidup di daerah yang kering dan tandus sekalipun. Edufriends bahkan bisa membeli tanaman ini secara langsung di toko tanaman maupun di marketplace ternama di Indonesia. Tanaman ini di banderol dengan harga mulai dari Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 800.000,00 atau lebih. Berikut jenis – jenis sansevieria, manfaat sansevieria, dan juga tips merawatnya.

Sansevieria Twister Memiliki bentuk spiral dengan list daun warna kuning dan tengahnya berwarna hijau sangat menarik untuk dipajang di rumah Anda. Tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 35.000 – Rp. 487.600.

Sansevieria Stuckyi Tanaman ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna hijau gelap, daunnya kasar, dan ada guratan-guratan yang berwarna pucat. Pertumbuhan dari Sansevieria stuckyi bisa mencapai 2 meter, lho! Selain itu, tanaman hias ini memiliki bunga dengan aroma yang wangi. Tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 11.400 – Rp. 100.000.

Sansevieria Pinguicula Selanjutnya, salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan Bura, Kenya, dan Garissa yaitu Sansevieria pinguicula. Tanaman hias ini memiliki ciri-ciri dengan daunnya yang berwarna biru-hijau dan bisa tumbuh dengan cepat. Bagian pinggir daunnya terdapat pembatas yang berwarna. Tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 51.000 – Rp. 565.250.

Sansevieria Kirkii Sansevieria kirkii adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari Afrika. Nama lain dari Sansevieria kirkii adalah Sansevieria bintang karena bentuknya yang sangat mirip dengan bintang. Ciri-ciri tanaman hias Sansevieria kirkii adalah memiliki bunga yang berwarna putih-kehijauan, daunnya berwarna hijau gelap, dan mempunyai bau yang wangi. Tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 55.000 – Rp. 563.100

Sansevieria Trifasciata Sansevieria trifasciata adalah tanaman hias yang berasal dari kawasan Afrika Barat, Nigeria Timur, dan Kongo. Ciri-ciri dari Sansevieria trifasciata memiliki daun yang kaku dan tumbuh secara vertikal ke atas. Selain itu, daunnya berwarna hijau dengan guratan-guratan berwarna belang-belang (abu dan hijau). Tanaman ini dibanderol dengan harga Rp. 15.000 – Rp. 487.600

Sansevieria Ehrenbergii Jenis Sansevieria selanjutnya adalah Sansevieria ehrenbergii. Ciri-ciri yang dimiliki oleh Sansevieria ini adalah daunnya berwarna hijau gelap dan daunnya yang tersusun rapat. Jika kalian memiliki tanaman hias Sansevieria ehrenbergii di rumah, maka manfaat yang bisa kalian dapatkan adalah bisa sebagai antiseptik, perban alami, dan keranjang. Tanaman ini di bandrol dengan harga Rp. 245.000 – Rp. 780.000

Sansevieria Moonshine Untuk jenis yang satu ini sangat berbeda dengan lidah mertua pada umumnya karena semua bagian daunnya berwarna hijau. Ukurannya yang relatif kecil, sehingga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghias ruangan. Soal harga, jenis yang satu ini hampir mirip dengan Sansevieria twister yang dijual mulai Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Sansevieria Pagoda Bentuknya yang mirip pagoda, lidah mertua yang satu ini memiliki warna daun bagian pinggir kuning dan tengah hijau tua. Ukurannya yang kecil dan cantik sangat cocok untuk di ruangan. Biasanya, jenis lidah mertua ini dihargai kisaran di bawah Rp 100 ribu hingga sampai Rp 200 ribu, tergantung dari jenis variannya.

Sansevieria Golden Hahnii Lidah mertua yang satu ini juga tidak kalah menarik dari lainnya. Bentuknya yang mirip bunga mawar ini warnanya didominasi warna kuning dan tengahnya hijau. Bentuknya yang mini juga sangat mudah untuk perawatannya. Selain itu, biasanya jenis ini dijual di bawah harga Rp 50 ribu.

Sansevieria Gold Banner Selanjutnya, jenis lidah mertua yang satu ini dari segi warna didominasi warna kuning, sehingga diberi nama gold banner. Sama seperti lidah mertuapada umumnya, perawatan yang satu ini juga sangat mudah. Sedangkan harga pasaran biasanya di bawah Rp 100 ribu.

Sansevieria Gold Flame Kemudian untuk jenis yang satu ini memiliki keunikan pada bagian daunnya yang tebal, didominasi warna kuning meski tidak seperti jenis gold banner. Karakter daun gold flame yang tebal menjadikan lidah mertua ini tidak gampang busuk. Sedangkan di pasaran dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

Manfaat Tanaman  Sansevieria / Lidah Mertua

1. Menetralkan aroma ruangan kamar
2. Menyerap polusi udara
3. Mengurangi radiasi
4. Membuat ruangan terlihat lebih segar dan cerah

Tips Merawat Tanaman  Sansevieria / Lidah Mertua :

1. Menyiram dengan secukupnya
2. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung
3. Letakkanpada ruangan dengan suhu stabil (bukan suhu rendah)
4. Pilih tanah yang dapat meresap air
5. Keluarkan sesekali dari dalam kamar

Lili Paris

Spider plants (Chlorophytum comosum) dikenal juga dengan nama lili paris atau lili siam di Indonesia. Lili paris memiliki kumpulan daun mirip rumput yang melengkung. Namanya berasal dari tunas tanaman yang terbentuk pada batangnya yang menggantung. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman rumah yang paling mudah beradaptasi dan mudah ditanam, sehingga sangat sesuai untuk siapa saja bahkan mereka yang tak memiliki bakat berkebun!

Lili Paris Hawai Tanaman hias lili paris hawai memiliki ciri tanaman warna putih pada tengah daun dan hijau dikedua sisi daun yang berkembang biak melalui bunga dan kemudian menjadi anak pohon. tanaman ini biasa digunakan sebagai tambahan pada dekorasi halaman. atau bisa juga ditanam menggunakan pot gantung. Tanaman Lili Paris Hawai ini dibandrol mulai dari harga Rp. 8.500 – Rp. 50.000

Lili Paris Umbi  Termasuk tanaman berumpun dan berumbi yang tumbuh sepanjang tahun. Daun tipis berwarna hijau atau varigata. Bunga putih bertangkai panjang tumbuh di antara daun dan tunas anak. Memiliki cabang (rhizome) yang membawa tunas – tunas baru. Perawatannya yaitu dengan pemupukan 1 kali / minggu (pupuk cair). Tanaman Lili Paris Umbi  ini dibandrol mulai dari harga Rp. 2.000 – Rp. 47.500

Manfaat Tanaman Lili Paris

1. Menghasilkan oksigen
2. Menetralisir racun yang berasal dari dinding dan furnitur
3. Membuat kamar menjadi lebih segar
4. Menetralisir kamar dari asap rokok

Tips Merawat Tanaman  Lili Paris

1. Siram tanaman seminggu dua kali
2. Keluarkan tanaman dari dalam kamar sesekali
3. Jaga tanah/pot tetap lembab
4. Pangkas daun-daun kering dengan gunting
5. Beri insektisida agar terhindar dari tungau

Tanaman Philodendron

Menciptakan suasana kamar yang sejuk dan alami bisa dilakukan dengan cara meletakkan tanaman yang hijau di sekitar area kamar. Kalian bisa memulainya dengan menanam tanaman Philodendron. Apa itu tanaman Philodendron? Philodendron adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki fungsi sebagai elemen pembentuk taman rumah. Dari jenis pertumbuhan, tanaman Philodendron memiliki dua jenis yaitu ada tanaman daratan dan menumpang. Bukan hanya memiliki keindahan dari segi bentuknya saja, ternyata tanaman Philodendron memiliki manfaat untuk kesehatan manusia yakni menyerap polutan udara yang dapat merugikan kesehatan dan berpotensi mengakibatkan kanker. Cara pemeliharaan philodendron tidak rumit.  Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang tahan panas, dan tahan ternaung. Jadi ia bisa ditanam di mana saja. Baik di taman maupun di teras, sebagai tanaman indoor.  Tanaman ini juga mudah diperbanyak, yaitu dengan jalan split anakan. Pertumbuhan philodendron tergolong lebih cepat bila dibandingkan dengan anthurium.

Philodendron epipremnum aureum, Tanaman ini dikenal sebagai istilah sirih-sirihan atau Sirih gading kuning gantung yang dominan penghobi menggunakannya sebagai tanaman hias gantung. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Philodendron epipremnum aureum yang cara tumbuhnya menjuntai. Dengan cara tumbuh seperti itu tentunya tanaman bergenre daun ini sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman hias gantung.  Tanaman Philodendron epipremnum aureum ini dibandrol mulai dari harga Rp. 4.000 – Rp. 42.000

Philodendron imperial red cardinal, Pada saat tahun 2007 tanaman daun yang bernama philodendron red cardinal ini pernah menempati posisi teratas di industri tanaman hias indonesia yang harganya selangit. Konon ketika itu harganya dibandrol perdaun, yang mana harga per 1 helai daunnya bisa dipatok rupiah sebesar 500.000  Meskipun kini tanaman bergenre daun ini tidak sepopuler dulu namun para penghobis tetap saja sangat menyukainya, dikarenakan tanaman yang memiliki dominan warna daun merah ini memiliki tingkat daya tahan yang sangat tinggi terhadap suhu ruangan dingin. Dengan itu tentunya tanaman bergenre daun ini sangat cocok untuk ditempatkan didalam ruangan. Tanaman Philodendron imperial red cardinal ini dibandrol mulai dari harga Rp. 100.000 – Rp. 300.000

Philodendron selloum, Tidak banyak yang tahu bahwa philodendron selloum memiliki istilah yang sangat menarik, yakni philodendron jari. Diistilahkannya philodendron jadi didasari dari bentuk daunnya yang mirip dengan jari-jari manusia. Bahkan para jasa dekorasi pelaminan dibandung sering menggunakan helaian daunnya sebagai bahan dekorasi bunga potong. Cara perawatannya terbilang mudah ternyata, sebab penghohanya perlu melakukan penyiraman secara rutin. Jadi yang ingin mengasrikan rumah tanpa repot merawat maka tanaman ini menjadi solusinya. Tanaman Philodendron selloum ini dibandrol mulai dari harga Rp. 13.500 – Rp. 100.000

Philodendron moonlight, Tanaman yang bernama philodendron lemon orange juice ini merupakan jenis tanaman daun yang bisa digunakan sebagai komponen taman ataupun tanaman pot yang dapat mentolerir suhu dingin. Warna daunnya yang kuning contras dapat memanjakan mata, selain itu tanaman berjuluk lemon ini juga merupakan varian yang mudah dirawat. Untuk anda yang masih mencari jenis tanaman indoor mudah perawatan maka tanaman ini dapat menjadi alternatif. Tanaman Philodendron moonlight  ini dibandrol mulai dari harga Rp. 15.000 – Rp. 75.000

Philodendron congo rojo, Tanaman yang bernama philodendron congo juice ini merupakan jenis tanaman daun yang bisa digunakan sebagai komponen taman ataupun tanaman pot yang dapat mentolerir suhu dingin. Warna daunnya yang kuning contras dapat memanjakan mata, selain itu tanaman berjuluk lemon ini juga merupakan varian yang mudah dirawat. Untuk anda yang masih mencari jenis tanaman indoor mudah perawatan maka tanaman ini dapat menjadi alternatif. Tanaman Philodendron congo rojo  ini dibandrol mulai dari harga Rp. 10.000 – Rp. 146.300

Philodendron scandens medio pictum, Inilah jenis tanaman hias gantung yang paling direkomendasikan para desainer pertamanan, nama tanamannya adalah sirih belanda varigata. Sirih belanda ini sebenarnya adalah jenis tanaman philodendron yang memiliki nama ilmiah Philodendron scandens medio pictum atau sering disebut dengan “Flame Leaved Heart Plant”. Sekilas tanaman philodendron ini sangat mirip dengan Philodendron epipremnum aureum, namun keduanya berbeda. Hal ini dapat dibedakan pada warna dan garis pada daun. Tanaman Philodendron scandens medio pictum  ini dibandrol mulai dari harga Rp. 15.000 – Rp. 70.000

Philodendron monstera deliciosa, Tanaman Philodendron unik ini memiliki nama ilmiah Philodendron monstera deliciosa. Tanaman bergenre daun ini sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat bahkan oleh pemula sekalipun, harganya juga terbilang ekonomis. Tapi yang terpenting tanaman bergenre daun ini bisa ditempatkan didalam maupun luar ruangan. Tanaman ini sekarang lagi trend seperti kerabatnya Philodendron monstera obliqua. Tanaman Philodendron monstera deliciosa ini dibandrol mulai dari harga Rp. 50.000 – Rp. 487.000

Philodendron monstera obliqua, Philodendron unik ini sering disebut MONSTERA bahkan menurut para petani tanaman dibandung tanaman yang memiliki istilah janda bolong ini lebih laku dari pada Philodendron monstera deliciosa dikarenakan lebih mudah diimprovisasi dan lebih mudah dirawat bahkan harganya lebih murah daripada sejawatnya itu. Nama ilmiah tanaman ini adalah Philodendron monstera obliqua. Tapi yang terpenting, tanaman bergenre daun ini bisa ditempatkan didalam maupun luar ruangan. Tanaman Philodendron monstera obliqua ini dibandrol mulai dari harga Rp. 9.000 – Rp. 55.000

Philodendron prince of orange, Tanaman philodendron prince of orange merupakan salah satu varietas philodendron yang berkelas, sebab tanaman ini dapat memanipulasi warna.yang ketika pada saat muda daunnya berwarna kuning keemasan dan beranjak tua daunnya akan berubah menjadi hijau. Yang dulu harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tanaman Philodendron prince of orange ini dibandrol mulai dari harga Rp. 30.000 – Rp. 85.000

Philodendron baumfreund, Sebuah model dalam dekorasi rumah tentu diperlukan sebuah tanaman untuk melengkapinya, Tanaman hias gantung ini memiliki nama Philodendron baumfreund yang oleh petani dikenal dengan sirih-sirihan hijau dan tanaman ini juga merupakan varietas tanaman hias yang paling direkomendasikan para desainer untuk digunakan sebagai tanaman gantung. Tanaman Philodendron baumfreund ini dibandrol mulai dari harga Rp. 15.000 – Rp. 30.000

Philodendron crocodile, Sebuah model dalam dekorasi rumah tentu diperlukan sebuah tanaman untuk melengkapinya, Tanaman hias gantung ini memiliki nama Philodendron baumfreund yang oleh petani dikenal dengan sirih-sirihan hijau dan tanaman ini juga merupakan varietas tanaman hias yang paling direkomendasikan para desainer untuk digunakan sebagai tanaman gantung.  Tanaman Philodendron crocodile ini dibandrol mulai dari harga Rp. 40.000 – Rp. 475.000

Manfaat Tanaman Philodendron

1. Menyerap polutan udara yang berpotensi kanker (seperti pada busa atau debu karpet)
2. Menyegarkan ruangan kamar
3. Menghasilkan oksigen

Tips Merawat Philodendron

1. Letakkan dekat jendela kamar atau tempat yang tidak terpapar langsung sinar mataharo
2. Hindari menyiram berlebihan agar tidak menyisakan air menggenang
3. Keluarkan tanaman sesekali dari dalam kamar

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis tanaman yang bermanfaat apabila diletakkan dalam kamar. Kamar yang segar dan bersih dapat membuat suasana tidur maupun belajar menjadi lebih nyaman. Jangan lupa untuk meletakkannya dengan tetap menjaga kebersihan ya Edufriends!