Blog Psikologi Tips dan Trik

Raih Kesuksesan, Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari

Raih Kesuksesan, Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Sukses, tentunya menjadi mimpi setiap orang. Sukses adalah mampu meraih apa yang diinginkan, baik yang di cita-citakan, maupun target kehidupan. Sukses adalah ketika dalam hidup ini kita bisa selalu melakukan hal terbaik untuk apa saja yang kita lakukan, baik dalam perkuliahan, berkreasi, dan hal lainnya maka kamu bisa dikatakan sukses untuk diri sendiri, tidak peduli kaya atau miskin, dengan melakukan hal terbaik ini secara maksimal kamu akan bahagia. Lalu apa sebenarnya definisi sukses itu? Jika orang-orang yang sukses diartikan sebagai mereka yang memiliki banyak uang seperti CEO atau pemilik perusahaan, rasanya tidak juga. Sebab banyak diantara tokoh berperan dunia justru berpendapat jika uang tidak dapat dijadikan tolak ukur kesuksesan seseorang. Berikut di bawah ini beberapa definisi sukses menurut orang-orang paling berpengaruh di dunia edufriends. Check these out!

Raih Kesuksesan, Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari 2

DEFINISI SUKSES MENURUT ORANG-ORANG PALING BERPENGARUH DI DUNIA

  • BILL GATES: Sukses adalah guru yang payah, kesuksesan mendorong orang-orang cerdas untuk berpikir bahwa dirinya tak akan pernah kalah.
  • THOMAS EDISON: Sukses adalah 1% inspirasi, dan 99% usaha.
  • BRIAN TRACY: Sukses adalah keinginan untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginanmu, melakukan apa yang ingin membuatmu bahagiaa, juga dikelilingi keluarga, teman dan orang yang-orang yang kamu sayangi.
  • WINSTON CHURCHILL: Sukses adalah menerima kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.
  • NAPOLEON HILL: Selalu ingat bahwa semua orang sukses pasti melewati kepahitan dalam hidup. Mereka berjuang, gagal, dan bangkit kembali hingga akhirnya menggapai apa yang mereka miliki sekarang ini.
  • ZIG ZIGLAR: Sukses adalah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita miliki. Sukses adalah usaha, bukan kemenangan. Sukses adalah standar pribadi, memaksimalkan segala kemampuan di dalam diri kita, dan menjadi segala yang kita bisa.
  • TED TURNER: Sukses adalah saat kamu berperilaku dengan benar dan mampu menempatkan diri dengan sebaik-baiknya.
  • ELON MUSK : Sukses adalah saat kamu dapat melakukan berbagai hal menyenangkan dalam hidup.
  • SARA BLAKELY: Sukses adalah jika kamu terus mencoba dan pantang menyerah.
  • DONALD TRUMP : Sukses bagaikan berjalan maju dari satu kegagalan menuju kegagalan lain tanpa pernah kehilangan rasa antusias untuk terus berusaha.
  • MARK ZUCKERBERG: Beberapa orang hanya memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun dan bekerja keras lebih keras untuk menggapainya.
  • WARREN BUFFET: Sukses adalah ketika orang-orang dekatmu bahagia dan mencintaimu.

Demikian pengertian orang-orang sukses menurut orang yang berpengaruh di dunia. Apa definisi sukses menurutmu edufriends? Apapun itu selama kamu mau berusaha dan melakukan hal yang benar, maka tidak mustahil bagimu meraih kesuksesan. Salah satunya dengan membiasakan diri melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

 

KEBIASAAN BAIK MENUJU KESUKSESAN

TEMUKAN PASSION

Lakukan Apa yang Menjadi Passionmu. Jika membaca biografi tentang orang-orang hebat, kamu akan menemukan banyak dari mereka yang mencapai kesuksesan karena mengikuti hasrat atau passionnya. Mengejar mimpi yang sesuai passon juga akan membuatmu lebih tangguh, passionate, produktif, yang akhirnya membuahkan hasil yang maksimal. Karenanya mulai dari sekarang galilah apa yang benar-benar kamu cintai edufriends, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menemukan passion adalah dengan mencoba banyak hal. Tidak masalah jika kamu ternyata hanya menyukai 6 dari 15 hal yang kamu coba. Lebih baik memiliki beberapa hal yang digemari daripada tidak memilikinya sama sekali. Setelah mencoba banyak hal yang disukai, lama-kelamaan kamu akan menemukan satu atau dua hal yang benar-benar kamu cintai. Jika sudah menemukan, fokuslah pada satu atau dua hal tersebut dan jadikan sebagai passion dalam hidup ini. Ikuti hasrat tersebut secara konsisten. Melakukan hal ini akan membantumu mencapai tujuan yang diinginkan di masa depan.

 

DO IT NOW!

Lakukan sekarang, kesalahan dalam menggapai kesuksesan adalah banyak orang yang kehilangan potensi maksimal karena terlalu takut memulai. Mereka hanya mempersiapkan, merencanakan, dan menunggu waktu terbaik untuk memulai. Hindari hal ini, jangan pernah menunggu waktu terbaik untuk memulai sesuatu. Mengesampingkan niat untuk mulai keinginanmu dari hari ini juga bisa berujung pada prokrastinasi. Entah langkah jadi tertunda dalam kurun waktu lama atau bahkan tidak terwujud sama sekali. Melakukan sesuatu dari sekarang juga akan membuatmu terhindar dari segala penyesalan di kemudian hari, lakukan sebisanya asal mulai dari sekarang tanpa banyak beralasan. Mulai segera apa yang ingin kamu lakukan agar hasil yang diinginkan bisa terlihat dengan segera edufriends.

 

MILIKI TUJUAN DAN TARGET HARIAN

Orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama ia harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Setiap harinya, sebelum hari dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana cara membuat harinya produktif atau bagaimana cara menyelesaikan semua to do list yang menantinya hari ini. Semua hal yang harus dilakukannya hari ini sudah diatur dengan jelas pada hari sebelumnya, jadi mereka tinggal menyesuaikan saja. Membuat target harian juga akan membuatmu lebih termotivasi. Sebab perlu diketahui suatu usaha akan tetap jalan di tempat dan tidak akan berkembang jika kamu tidak memiliki target. Oleh karenanya, tentukan taget yang akan kamu raih dalam waktu tertentu. Penentuan target bisa dipisah menjadi target jangka pendek maupun jangka panjang. Penentuan tersebut haruslah mempertimbangkan keadaan dan usaha yang dijalani sehingga dapat dicapai.

TEMUKAN MENTOR

Mentor merupakan salah satu faktor yang akan membantumu meraih kesuksesan. Keberadaan seorang mentor akan memungkinkanmu mendapatkan bimbingan hingga mencapai tempat yang dituju. Sebab seorang mentor telah melalui jalan yang saat ini sedang kamu tempuh. Sehingga mereka bisa memandumu sampai ke tujuan dengan lebih cepat dibanding melakukannya seorang diri. Prinsipnya sangat sederhana, jika ingin menjadi orang yang hebat dalam keterampilan bahasa inggris, maka kamu bisa menemukan guru yang mahir berbahasa inggris. Begitu juga dengan keterampilan lainnya. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan mentor atau guru terbaik. Dapat melalui buku, seminar, workshop, atau pelatihan tentang bidang tertentu edufriends.

 

MASALAH SEBAGAI TANTANGAN

Melihat permasalahan sebagai tantangan, bukan ancaman yang membahayakan. Permasalahan yang dihadapi memang akan membuatmu tertekan. Jika ingin sukses, kita harus melihat permasalahan sebagai tantangan yang harus dihadapi, bukan ancaman yang membahayakan. Ketika mampu melihat permasalahan sebagai tantangan, kita akan terhindar dari stres dan semakin bersemangat untuk menghadapi tantangan tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok bankir juga membenarkan hal ini. Selama tiga sampai enam minggu, mereka dilatih untuk dapat melihat permasalahan sebagai sebuah tantangan. Hasilnya? Tingkat stres menurun sebesar 23% dan mengalami peningkatan kebahagiaan yang signifikan. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan keterlibatan yang lebih besar di tempat kerja. Nah, itulah sebabnya penting untuk mengubah pola pikir kita akan suatu permasalahan. Mulailah melihat permasalahan sebagai tantangan yang perlu dihadapi yang nantinya menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik dan lebih hebat dari yang sebelumnya.

STOP NEGATIF THINKING

Stop Negatif Thinking, jangan terbawa dengan pikiran-pikiran burukmu. Karena disadari atau tidak pikiranmu akan memengaruhi perasaan dan perasaan menentukan bagaimana kamu memandang suatu pekerjaan. Pikiran yang negatif, otomatis membuatmu berpikir jika pekerjaan yang kamu lakukan memang tak akan pernah terselesaikan. Pikiran negatif juga akan membuatmu lebih cepat kesal, marah bahkan depresi. Jika hal tersebut dibiarkan dan perasaan semakin buruk, kamu akan semakin tidak produktif dan tidak akan melakukan apapun dengan baik. Negatif thinking hanya akan membuatmu stuck in the moment dan seakan-akan jalan di tempat. Padahal sudah banyak rencana dan target-target yang ingin di raih. Negative thinking hanya akan membuatmu jauh tertinggal. Pikiran negatif akan membuatmu merasa banyak hal dan mommen yang terlewat begitu saja. Tentunya, kita jadi merasa banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa dinikmati dengan baik. Contohnya waktu bersama keluarga atau sahabat yang terlewat karena kita cuma ‘sibuk’ dengan pikiran negatif yang terus menghantui.

Raih Kesuksesan, Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari 3

PANTANG MENYERAH

Dalam mengusahakan sesuatu, sebaiknya lakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah. Meskipun mengalami banyak kegagalan, tetaplah menjalankan yang kamu usahakan dengan tekun hingga berhasil edufriends. Karena, mereka yang sukses sukses akan selalu mengalami kegagalan dan jatuh bangun dalam mengembangkan usahanya. Tapi, mereka bisa sukses karena memiliki sikap yang pantang menyerah. Sikap inilah yang merupakan tips sukses dan perlu kamu ikuti mulai sekarang edufriends. Semakin bertahan dan pantang menyerah maka semakin besar juga hasil yang akan kamu dapatkan.

 

JANGAN CEPAT MERASA PUAS

Banyak orang sukses mengatakan jangan cepat merasa puas, karena dengan begitu kamu akan diam ditempat dan tidak lagi berkembang. Mereka yang ingin sukses mencoba berkarir meskipun risiko yang dihadapi tinggi. Rasa tidak puas akan kondisi yang ada mendorong mereka mengerjakan dan berusaha lebih baik lagi. Berbeda dengan tidak bersyukur, mereka yang tidak mensyukuri hanya bisa mengeluh dan tidak bisa melihat proses dari usaha sendiri. Sedangkan rasa tidak puas yang positif akan membawamu ke puncak kesuksesan edufriends.

 

BAHAGIA SETIAP HARI

Kita berpikir akan mendapa kebahagiaan saat berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ini adalah hal yang salah. Keberhasilan tidak menghasilkan kebahagiaan. Kebahagiaanlah yang justru membuat kita berhasil. Ketika berhasil mencapai sebuah tujuan, kita pasti akan berbahagia akan hal tersebut dan terus mencari tujuan-tujuan lebih menantang lainnya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kebahagiaan sangat mempengaruhi kinerja seseorang. Orang yang bahagia justru akan memberikan kinerja yang terbaik. Nah, mulai sekarang, kita harus mengubah pola pikir. Kita juga harus bahagia agar dapat menampilkan kinerja terbaik dan mencapai kesuksesan yang diimpikan.

BERTANGGUNG JAWAB

Tanamkan rasa tanggung jawab terhadap apa yang tengah kamu jalani. Baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga hingga bisnis yang dirintisnya. Tanggung jawab ini bisa dilihat dari cara kerja orang sukses yang cenderung memiliki rasa kemandirian yang tinggi. Orang sukses juga memiliki kecenderungan tidak lari dari kesulitan. Mereka melihat kesulitan tersebut sebagai tantangan untuk mendapatkan pengalaman dan hal baru. Bila tanggung jawab tidak ditanamkan dalam diri, maka mustahil bagimu untuk berkembang.

BIJAK MENGELOLA KEUANGAN

Orang sukses cenderung memiliki kemampuan mengelola keuangan yang mumpuni. Kuncinya, gunakan uang sebagai bekal masa depan baik itu berupa tabungan maupun investasi. Kebiasaan orang sukses cenderung tidak memboroskan apa yang mereka miliki. Catat setiap pengeluaran yang ada dan prioritaskan untuk hal-hal penting. Begitu juga dengan pemasukanmu edufriends. Buatlah Budget Harian, Mingguan, atau Bulanan yang akan Memberi Batasan Pada Pengeluaranmu, Manfaatkan diskon dan promo, Hindari belanja berlebihan, cari penghasilan tambahan dan miliki target keuangan edufriends.

 

MILIKI HUBUNGAN SOSIAL YANG BAIK

Sebuah penelitian menuntut para mahasiswa untuk menghabiskan waktu mereka di perpustakaan dan didalam kamar. Hasilnya sangat mengejutkan. Mereka yang belajar dan belajar sepanjang waktu tidak menunjukkan presentasi yang memukau. Mereka justru mengalami kejenuhan dan ingin meninggalkan perkuliahannya. Apa yang menyebabkan hal ini? Mereka menghindari diri dari hal-hal yang membuat bahagia, yaitu hubungan sosial. Hubungan sosial merupakan faktor pendukung terciptanya kebahagiaan. Hubungan sosial juga membantu mengurangi tingkat stres yang kita alami. Itulah sebabnya, kita tidak boleh mengabaikan hubungan sosial dalam kehidupan. Hubungan sosial memberikan kita kebahagiaan. Kebahagiaan menjadikan kita lebih produktif dan mendorongmu mencapai kesuksesan. Dengan kata lain, jika ingin sukses, kita harus membangun hubungan social yang baik dengan orang sekitar edufriends.

 

ME TIME

Jika sudah terasa akan burn out, cobalah untuk bersantai sejenak. Sebagian orang mungkin berpikir saat sedang mengerjakan sesuatu, kita harus mengerjakannya dengan sangat serius. Ya, sebenarnya hal ini ada benarnya juga untuk menjaga fokus. Namun alangkah baiknya, jika kamu juga merilekskan diri sejenak saat segalanya terasa teralu berat dan memusingkan, sebab hal ini justru akan menghambat proses edufriends.

BUKAN SELALU TENTANG UANG

Jangan hanya terpaku pada uang Banyak orang berpikiran jika kesuksesan dapat dilihat dari berapa banyak uang atau harta yang kamu miliki. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar bahkan bagi orang sukses uang bukanlah tolok ukur utamanya. Mereka lebih melihat pada sebuah proses dalam mencapai dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Uang sebagai bonus yang diberikan Tuhan atas usaha dan kerja kerasnya. Orang bisa menjadi kaya karena berbagai faktor seperti keturunan. Namun, bila kamu menjadi kaya karena usahamu sendiri dan mampu menginspirasi orang lain itu adalah kesuksesan yang sebenarnya.

 

JANGAN RAGU MENGATAKAN TIDAK

Bagi orang yang susah untuk fokus, tampaknya gangguan-gangguan kecil justru memiliki peranan yang besar saat sedang kerja. Gangguan pasti ada, namun jangan sampai memecah fokusmu dalam menyelesaikan sesuatu. Cara efektifnya, coba tulis apa saja yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu, sebelum melakukan hal lain. Selain itu beberapa orang lain berjuang untuk mengatakan tidak kepada orang-orang di sekitar mereka. Hal ini dilakukan agar tidak membuang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka tidak ingin lakukan. Fokuslah memprioritaskan apa saja yang harus dan penting untuk dilakukan edufriends

Raih Kesuksesan, Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan Sehari-hari 4

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

 

Fokuskan diri pada komitmen, bukan motivasi sebab berkomitmen sangatlah penting. Komitmen adalah pintu yang nantinya akan membuka jalanmu untuk bisa meraih tujuan yang kamu idam-idamkan. Mulailah dengan mencari tahu dan mempelajari hal apa saja yang paling ingin kamu raih, hingga seberapa banyak pengorbanan yang siap kamu berikan untuk mencapai tujuan itu. Kalau kamu sudah mantap dengan komitmenmu, motivasi akan mengikuti dari belakang. Semangat mengusahakan apapun yang sedang kamu usahakan!

Sumber: dari berbagai sumber