Blog Kuliah

Pilih Sistem Informasi atau Teknik Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya!

Pilih Sistem Informasi atau Teknik Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya! 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI) atau biasa disebut juga sebagai Teknologi Informasi atau Teknik Informasi merupakan dua program studi yang saat ini paling banyak diminati. Hal ini mungkin disebabkan karena perkembangan teknologi, terutama komputer yang berkembang dengan sangat pesat, sehingga banyak peminat di kedua program studi tersebut. Namun demikian, saat ini memang banyak yang bingung akan pilihan program studi yang akan diambil, Sistem Informasi (SI) atau Teknik Informatika (TI)? Berikut ini penjelasan lengkapnya antara program studi Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI)  ini mungkin akan memberikan pencerahan bagimu para pembaca untuk memperoleh keputusan, harus pilih SI atau Teknik Informatika (TI). Apa saja perbedaan antara kedua program studi tersebut? Berikut beberapa diantaranya edufriends.

Pilih Sistem Informasi atau Teknik Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya! 2

BERDASARKAN FAKULTAS

Apabila kita lihat dari fakultas yang menyediakan program, maka Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI)  ini jelas berbeda. Sistem Informasi (SI) atau sistem informasi merupakan program studi atau jurusan yang bernaung dibawah fakultas Ilmu Komputer atau FILKOM. Pemilihan program studi ini berdasarkan kebanyakan Universitas yang menempatkan Sistem Informasi (SI). Hampir semua universitas memasukkan Sistem Informasi (SI) ini ke dalam fakultas ilmu komputer atau fakultas Komputer. Teknik Informatika (TI) (sering dikenal juga dengan teknologi informasi dan juga IT) merupakan program studi alias prodi yang bernaung di bawah fakultas teknik atau juga beberapa universitas menempatkan program studi atau jurusan Teknik Informatika (TI) ini di dalam fakultas teknik Industri. Nah dari fakultas yang ada, maka kita sudah melihat bahwa Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI) ini bernaung di bawah fakultas yang berbeda, yaitu fakultas ilmu komputer dan fakultas Teknik atau teknik industri.

 

GELAR SARJANA

Perbedaan berikutnya antara Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI) adalah gelar sarjana yang akan diperoleh lulusannya nanti. SI atau sistem informasi, yang bernaung di bawah fakultas ilmu komputer atau FILKOm pada kebanyakan Universitas, para lulusannya akan mendapatkan gelar S.Kom atau S.Si. S.Kom merupakan kependekan dari sarjana komputer, sedangkan S.Si adalah kependekan dari Sarjana Sistem Informasi. Perbedaan ini tergantung dari kebijakan program studi dalam menyelenggarakan program studi Sistem Informasi. Sedangkan untuk program studi Teknik Informatika (TI), lulusannya akan memperoleh gelar sebagai S.T alias Sarjana Teknik, karena Teknik Informatika (TI) merupakan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik atau Fakultas Teknologi.

KOMPETENSI YANG DIMILIKI

Berdasarkan kompetensi yang dimilki oleh para lulusannya, ada beberapa perbedaan yang bisa kita lihat dari Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI). Kompetensi dari lulusan SI. Kompetensi dari lulusan Sistem Informasi (SI), kurang lebihnya adalah sebagai berikut :

  • Pemahaman dalam pengembangan dan juga maintenance sistem informasi
  • Pengembangan sistem informasi
  • Implementasi dan pembuatan sistem informasi
  • Dasar – dasar pemrograman
  • Pengembangan perangkat lunak
  • Database

Kompetensi Lulusan Teknik Informatika (TI). Berikut ini adalah beberapa contoh kompetensi yang biasa dimilki oleh lulusan Teknik Informatika (TI)  :

  • Desain grafis dan desain pemrograman serta desain web
  • Pemrograman
  • Pengembangan dan pembuatan aplikasi atau software
  • Maintenance aplikasi
  • Database
  • Bahasa pemrograman
  • Sistem operasi

 

WILAYAH KERJA DAN PENEMPATAN PEKERJAAN

Perbedaan antara Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI) berikutnya juga bisa kita lihat dari wilayah kerja dan penempatan, meskipun secara praktisnya, antara lulusan Teknik Informatika (TI) dan juga lulusan Sistem Informasi (SI) bisa saling berkontribusi dalam bidang pekerjaan yang sama. Namun demikian, lulusan Sistem Informasi (SI) atau sistem informasi ini biasanya wilayah kerjanya lebih terfokus pada pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan juga maintenance sistem informasi. Sedangkan lulusan Teknik Informatika (TI) atau teknik informatikan atau teknologi informasi biasanya penempatan dan wilayah kerjanya lebih banyak kepada pemrograman, pengembangan dan pembuatan aplikasi atau software, serta banyak pula yang bekerja pada pengembangan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

 

FOKUS UTAMA PROGRAM STUDI

Perbedaan dari Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI) berikutnya juga bisa kita lihat dari fokus utama dari program studi. Apabila kita lihat dari nama program studinya, maka kita bisa menyimpulkan, bahwa program studi Sistem Informasi (SI) memilki fokus utama pada pengembangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan SIstem Informasi, dimana pemrograman dan perangkat lunak menjadi fokus tambahan. Sedangkan untuk Teknik Informatika (TI), sesuai namanya, fokus utama dari program studi ini adalah pengembangan mengenai teknologi informasi, dimana kebanyakan berfokus pada pemrograman dan pengemabngan aplikasi dan perangkat lunak, dan disertai penambahan kompetensi mengenai sistem informasi.

 

MATA KULIAH YANG DIAJARKAN

Perbedaan lainnya yang bisa kita lihat antara Sistem Informasi (SI) dan juga TI adalah dari mata kuliah yang diajarkan. Program studi Sistem Informasi (SI) ini lebih banyak memberikan mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan sistem. Mata kuliah lainnya yang juga termasuk di dalam program studi Sistem Informasi (SI) ini adalah manajemen, bisnis, dan berbagai mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan arus informasi berbasis sistem. Sedangkan program studi Teknik Informatika (TI) ini mata kuliah yang diajarkan kebanyakan merupakan mata kuliah yang bersifat teknis, seperti Perhitungan, fisika, kimia, matematika, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, pengolahan grafis, pengolahan citra, dan semua mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi atau software komputer. Karena itu, program studi Teknik Informatika (TI) mewajibkan calon mahasiswanya adalah lulusan SMA dari jurusan IPA, sehingga dapat mengikuti mata kuliah yang ditawarkan dengan baik dan juga lancar, dan masih berada dalam satu kontinum keilmuan.

PERSAMAAN SI DAN TI

Nah, meskipun memiliki perbedaan, namun program studi Sistem Informasi (SI) dan juga Teknik Informatika (TI)  ini juga memiliki beberapa persamaan. Berikut ini adalah beberapa persamaan dari program studi SI dan TI:

  • Sama – sama merupakan program studi yang berkaitan dengan komputerisasi
  • Sama – sama mempelajari mengenai bahasa pemrograman komputer
  • Sama – sama mempelajari sistem basis data
  • Sama – sama mempelajari mengenai sistem matematika lanjut, seperti aljabar, kalkulus dan juga matematika diskrit

 

LEBIH JELAS TENTANG SISTEM INFORMASI

Pilih Sistem Informasi atau Teknik Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya! 3

APA ITU SISTEM INFORMASI

Apa itu Sistem Informasi atau Manajemen Informatika? Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi (SI) juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama-sama mempelajari ilmu Teknik Informatika (TI) sebagai penjembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa Sistem Informasi (SI) dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem Teknik Informatika (TI) untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa tak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah Teknik Informatika (TI), namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jadi, tak selamanya anak Teknik Informatika (TI) itu identik susah bersosialisasi, ya.

MATA KULIAH SISTEM INFORMASI

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi (Manajemen Informatika): Manajemen dan Organisasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Bahasa Pemrograman, Algoritma dan Struktur Data, Arsitektur Sistem Informasi Perusahaan, Desain dan Manajemen Proses Bisnis, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-dasar Pengembangan Software, Pemrograman Berorientasi Objek, Analisis dan Desain Perangkat Lunak, Keamanan Aset Informasi, Desain Basis Data, Tata Kelola Teknik Informatika (TI), Manajemen Resiko Teknik Informatika (TI), Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknik Informatika (TI), Etika Profesi SI, Manajemen dan Administrasi Basis Data, Manajemen Proyek TI, dan Perencanaan Sumberdaya Perusahaan

KARAKTER SISWA YANG SESUAI

Teliti, Tekun, Detil, Rasional, Observan, Terstruktur, Independen, Senang berhitung, Berwawasan luas, Senang menganalisis, Senang melakukan riset, Keterampilan komunikasi, Senang memecahkan masala. Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi (Manajemen Informatika) Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentunya membuka peluang profesi lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sangat lebar.

PROSPEK KERJA LULUSAN SISTEM INFORMASI

Lulusan Sistem Informasi (SI) atau MI memiliki prospek yang sangat bagus bekerja diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan. Mereka dicari untuk kebutuhan membangun ataupun mengembangankan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan. Lulusan Sistem Informasi (SI) atau MI juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik.

PILIHAN UNIVERSITAS AKREDITASI A JURUSAN SISTEM INFORMASI

Universitas Jurusan Sistem Informasi (SI) dengan Akreditasi A di Indonesia:

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Universitas Gunadarma, Depok
  • UIN Jakarta Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Universitas Indonesia, Depok
  • Universitas Bina Darma, Palembang.

 

LEBIH JELAS TENTANG TEKNIK INFOMATIKA

APA ITU TEKNIK INFORMATIKA

Program studi Teknik Informatika (TI) mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini? Untuk menguasai Teknik Informatika (TI), paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa Teknik Informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, dan pemrograman itu sendiri adalah perwujudan dari algoritma (matematika dan logika). Tapi, kalau kamu tertarik dengan dunia teknologi dan memiliki minat untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak maka program studi ini tentu bisa menjadi pilihan kamu.

MATA KULIAH TEKNIK INFORMATIKA

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika (TI): Algoritma & Struktur Data, Sistem Operasi, Logika Informatika, Strategi Algoritma, Probabilitas dan Statistika, Pemrograman Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Artificial Intelligence, Pemrograman Internet, Kalkulus, Dasar Dasar Pemrograman, Sistem Komputer, Teori Komputasi, Metode Pengembangan Software, Sistem Jaringan, Data Mining, Database dan Sistem Informasi, Kriptografi, Etika & Hukum Cyber, Intelegensia Buatan, Basis Data

KARAKTER SISWA YANG SESUAI

Karakter Siswa Yang Sesuai: Teliti, Tekun, Detil, Kritis, Rasional, Terstruktur, Senang berhitung, Senang menganalisis, Senang bekerja sendiri Senang melakukan riset Senang memecahkan masalah. Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika (TI), Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman.

PROSPEK KERJA LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

PILIHAN UNIVERSITAS AKREDITASI A JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

17 Universitas Jurusan Teknik Informatika dengan Akreditasi A di Indonesia:

  • Universitas Presiden
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Mercu Buana
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta
  • Universitas Telkom
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Universitas Islam Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Surabaya
  • Politeknik Negeri Bandung
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Pilih Sistem Informasi atau Teknik Informasi? Ketahui Dulu Perbedaannya! 4

JADI PILIH SI ATAU TI?

Nah, mungkin bagimu yang masih bingung harus memilih program studi Sistem Informasi (SI) atau program studi Teknik Informatika (TI). Untuk memilih diantara kedua pilihan tersebut, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari untuk memilih Sistem Informasi (SI) atau Teknik Informatika (TI) :

  • Apabila lebih senang dengan pemrograman dan juga pengembangan dari software dan juga aplikasi, maka lebih baik kamu akan memilih Teknik Informatika (TI) dibandingkan dengan Sistem Informasi (SI).
  • Apabila lebih tertarik dengan ilmu manajemen dan proses bisnis yang diaplikasikan ke dalam sebuah sistem, maka lebih baik memilih program studi Sistem Informasi (SI).
  • Apabila bercita – cita menjadi seorang programmer, maka lebih baik memilih program studi Teknik Informatika (TI) dibandingkan dengan Sistem Informasi (SI).
  • Kemampuan pemahaman dan juga analisis lebih banyak dibutuhkan di dalam program studi Sistem Informasi (SI), karena berhubungan dengan fungsi manajemen dan juga fungsi penyampaian informasi, jadi apabila memang senang dengan kemampuan pemahaman dan juga analisis informasi, maka Sistem Informasi (SI) merupakan program studi yang cocok bagimu.
  • Apabila kamu adalah individu yang juga menyenangi desain grafis, namun juga ingin mempelajari mengenai ilmu komputer dan pemrograman, maka kamu bisa memilih program studi Teknik Informatika (TI) dibandingkan dengan Sistem Informasi (SI).
  • Beberapa Universitas masih memperbolehkan lulusan SMA IPS untuk masuk ke dalam program studi Sistem Informasi, sedangkan untuk masuk ke dalam program studi Teknik Informatika (TI), wajib IPA, karena harus mempelajari tentang ilmu fisika dan juga kimia, yang tidak diperoleh pada program studi Sistem Informasi.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan antara jurusan Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI)? Jika kamu berkeinginan menjadi seorang programmer, maka kamu bisa memilih jurusan Teknik Informatika. Tapi apabila kamu ingin mempelajari sistem, Sistem Informasi merupakan pilihan yang tepat. Jadi jurusan mana yang menjadi pilihanmu edufriends?

 

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

Sumber: dari berbagai sumber