Mengapa Kopi Instan Mudah Terbakar? 1

Mengapa Kopi Instan Mudah Terbakar?

Edufriends, pernah mendengar atau melihat video tentang salah satu merek kopi kemasan yang membuat api membesar saat ditaburkan ke atas api?

Gara-gara video viral tersebut, kopi kemasan sempat diduga menggunakan bubuk mesiu dalam komposisi kopinya. Wah kira-kira benar nggak ya? Yuk, coba kita bahas satu persatu!

Oke, sebelum ke inti pembahasan, apa sih bubuk mesiu itu? Bubuk mesiu adalah bubuk hitam yang biasa digunakan sebagai bahan peledak cepat atau bahan pendorong ledakan senjata api atau kembang api. Bubuk mesiu terbuat dari campuran belerang, arang dan kalium nitrat.

Terus, apa saja kandungan pada kopi kemasan ini? Kopi kemasan terbuat dari kandungan gula, krimer nabati dan kopi bubuk instan. Kopi kemasan tersebut berbentuk bubuk yang ringan, mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah alias kering.

Mengapa Kopi Instan Mudah Terbakar? 2
kandungan pada kopi instan

Lanjut! untuk mengetahui bagaimana bubuk kopi kemasan dapat membesarkan api, kamu harus paham tentang proses terjadinya api. Api terjadi karena adanya pertemuan 3 unsur yaitu, bahan bakar, oksigen dan panas. Biasanya proses ini disebut segitiga api.

Balik lagi ke kandungan bubuk kopi instan ini, saat eksperimen bubuk kopi dari kemasan yang ditabur di atas api, semua komponen yang memicu api membesar terpenuhi yaitu: 1) Panas api yang berasal dari korek, 2) Oksigen atau udara yang ada pada ruangan, 3) bahan bakar berupa bubuk kopi instan. Gula yang ada pada bubuk kopi mengandung karbohidrat , sedangkan krimer dan kopi instan mengandung lemak . Bahan-bahan tersebut kemudian membentuk ikatan rantai karbon. BPOM juga telah menerangkan lho, tentang produk pangan yang memiliki ikatan rantai karbon, kadar air rendah, halus dan ringan, dapat terbakar jika disulut dengan api.

Mengapa Kopi Instan Mudah Terbakar? 3
segitiga api yang dipicu kandungan pada kopi

Nggak hanya bubuk kopi kemasan ini aja yang bisa membesarkan api jika ditabur, tapi kopi jenis berbeda serta bahan-bahan lain yang memiliki karakteristik sama pun juga akan menghasilkan kejadian serupa. Misalnya tepung, merica bubuk, pati jagung, susu bubuk. Persamaan di antara mereka adalah karakteristiknya yang halus dan ringan. Fenomena ini biasa disebut dust explosion yang artinya ledakan yang dipicu oleh debu atau partikel sehalus debu.

 

Jadi, sekarang sudah jelas ya bahwa bubuk yang mudah terbakar bukan berarti mengandung bubuk mesiu di dalamnya, tetapi karena terdiri dari material-material yang memicu membesarnya api. Nah, biar kamu nggak terjebak hoax, Edufriends harus rajin-rajin membaca dan mencari tahu nih. Pantau terus edunews biar nggak ketinggalan bahan bacaan terbaru!

author avatar
A Learner.