Blog Business Tips dan Trik

Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia

Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Tak bisa kita pungkiri kekayaan terkadang dapat menjadi racun bagi diri sendiri, karena biasanya setelah kita kaya kita akan menganggap semuanya rendah dan bisa di beli dengan uang, namun faktanya tidaklah selalu demikian, seperti halnya yang dilakukan oleh beberapa orang terkaya di dunia berikut ini, mereka tetap sederhana walaupun sudah kaya raya, berikut orang kaya terkaya di dunia tapi tetap sederhana, edufriends:

Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia Ini Edufriends!

Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia 2

BILL GATES

Orang terkaya pertama di dunia yang hidup sederhana adalah Bill Gates, sebagai pemilik dari microsoft dengan kekayaan bersih sebesar US$ 110 Miliar atau setara Rp 1.540 triliun dengan asumsi 1 US$ sebesar Rp 14.000. Dengan kekayaannya Bill Gates dapat membeli apa saja yang diinginkannya. Namun Bill Gates lebih memilih untuk hidup sederhana. Salah satu kesederhanaannya bisa dilihat dari jam tangan yang ia kenakan, walaupun menjadi orang terkaya di dunia ternyata Bill Gates hanya menggunakan jam tangan seharga US$ 10 atau setara Rp 140.000, selain itu Bill gates juga hanya menggunakan pakaian yang sederhana dan tak jarang dalam kehidupan sehari-hari ia tampil seperti orang pada umumnya, yaitu mengantri ketika membeli makanan, seperti burger, kentang dan soda.

 

JEFF BEZOS

Orang terkaya di dunia yang hidup sederhana selanjutnya adalah Jeff Bezos. Orang terkaya di dunia setelah Bill Gates ini dulunya berada di peringkat satu dan menduduki orang terkaya di dunia selama 2 tahun, dimana ia berhasil menggeser Bill Gates dengan bisnis start upnya, akan tetapi beberapa tahun kemudian, tepatnya pada hari jum’at tanggal 15 november 2019, ia kembali di depak oleh Bill Gates dari posisi orang terkaya di dunia. Diketahui sekarang ini kekayaan Jeff Bezos mencapai US$ 108 miliar berbeda tipis dengan Bill Gates. Kesederhanaan Jeff Bezos terlihat dari mobil yang ia gunakan, walaupun kaya raya ia lebih memilih mobil dengan harga yang relatif murah, yaitu mobil Honda Accord, selain itu ruangan kerjanyapun sangatlah sederhana, hanya ada meja kayu dan karpet kotor, hal tersebut menandakan bahwa ia adalah orang yang hanya akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan.

 

WARRANT BUFFET

Orang terkaya di dunia yang sampai sekarang masih memilih hidup sederhana adalah Warrent Buffet, sebagai seorang investor sejati, ia sering di sebut sebagai kakek investor karena beliau begitu banyak mengajarkan tentang trik berinvestasi saham, salah satu strategi terbaik yang ia ajarkan adalah strategi memilih saham undervalue, dengan strategi tersebutlah Warrent Buffet kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Walaupun kaya raya Warrent Buffet masih hidup sederhana, ia masih tinggal di rumah tuanya yang ada di Omaha yang ia beli tahun 1958 seharga US$ 31.500, begitupun dari segi kendaraan, ia tidak membeli mobil lamborghini seperti kebanyakan orang kaya lainnya, ia hanya memiliki mobil Cadillac XTS tahun 2014 dengan harga US$ 44.600 saja. Kesederhanaan Warrent Buffet juga terlihat dari kehidupannya sehari-hari, dimana ia masih suka minum Coca Cola yang merupakan salah satu saham yang ia sukai, Warrent Buffet mampu mengubah 40 dollar AS menjadi 5 juta dollar, atau kalau di rupiahkan dari modal Rp 532.000 menjadi Rp 66,5 miliar, bagaimana sangat luar biasa bukan

 

MARK ZUCKERBERG

Orang terkaya yang paling sederhana berikutnya adalah Mark Zuckerberg sebagai pemilik media sosial facebook, yang hingga sekarang masih sangat eksis di dunia maya, pengguna facebook terdiri dari berbagai macam golongan, baik itu anak muda hingga orang dewasa, dari facebook Mark Zuckerberg kini mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 72,3 miliar USD. Dengan kekayaan sebesar itu Mark Zuckerberg sering kali dinobatkan sebagai anak muda terkaya di dunia, walaupun kaya raya ternyata Mark Zuckerberg tidak pernah hidup mewah, ia lebih memilih hidup sederhana yang bisa dilihat dari pakaian yang ia kenakan, ia lebih suka memakai kaos oblong dan sepatu skate dalam berbagai kesempatan. Kesederhanaan Mark Zuckerberg yang paling menonjol bisa kita lihat dari ruangan kerjanya, Mark Zuckerberg lebih memilih untuk bekerja dengan karyawannya dalam satu ruangan ketimbang harus membuat ruangan kerja pribadi. Mark Zuckerberg lebih memilih menjalin kedekatan dengan karyawannya ketika bekerja dan karena sifatnya tersebutlah akhirnya Mark Zuckerberg pernah dinobatkan sebagai pimpinan terbaik dengan urutan ke 4 dunia pada tahun 2014 silam. Jika orang kaya indonesia lebih suka membeli mobil mahal seperti mercy dan lamborghini, akan tetapi berbeda halnya dengan Mark Zuckerberg yang lebih memilih untuk membeli mobil dengan harga yang tidak terlalu mahal untuk kelas orang kaya, yaitu mobil Honda Jazz dengan harga sekitar 300 jutaan. Dilain kesempatan Mark Zuckerberg sering kali terlihat berbelanja dengan istrinya tanpa bodyguard dan tanpa sopir pribadi.

 

INGVAR KAMPRAD

Orang kaya berikutnya yang harus kita tiru gaya hidupnya adalah Ingvar Kamprad, Ingvar Kamprad adalah pendiri IKEA, dimana ia pernah di nobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia dan menduduki peringkat kedelapan dengan total kekayaan mencapai USD 58,7 miliar atau jika di rupiahkan sekitar Rp 838 triliun, walaupun kaya raya ternyata Ingvar Kamprad adalah miliarder paling sederhana dari miliarder lainnya. Kesederhanaan Ingvar Kamprad terlihat saat ia pergi ke kantor dengan hanya menggunakan mobil Volvo tua, menggunakan transportasi umum, seperti kereta bawah tanah hingga duduk di pesawat dengan kelas ekonomi padahal jika ia mau pesawat yang ia tumpangipun bisa ia beli, dan yang lebih menariknya lagi Ingvar Kamprad sering kali berbelanja baju di pasar tradisional dan melakukan penawaran, bahkan konon katanya Ingvar Kamprad suka membeli baju bekas. Kesederhanaan Ingvar Kamprad memang patut kita ancungi jempol, walaupun kaya raya ia tidak pernah sombong apalagi hidup mewah layaknya sebagian orang kaya, keberhasilannya membangun ikea dimulai saat ia berada di batas paling bawah, dimana sejak masih kecil ia sudah berjualan berbagai macam perlengkapan dekorasi rumah kepada para tetanganya hingga sampai sekarang ketika ia menjadi pendiri IKEA. Walaupun Ingvar Kamprad telah meninggal dunia pada usianya yang ke 91 tahun pada hari Minggu 28 Januari 2018, tapi ia kini tetap dikenang dan menjadi panutan bagi semua orang, khususnya orang kaya agar tidak sombong dengan apa yang mereka miliki, punya banyak harta belum tentu bahagia tapi punya hati yang tenang sudah tentu bisa bahagia, hidup sederhana mungkin bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin hidup bahagia, sebab bahagia tidak harus berlebih-lebihan.

 

AZIM PREMJI

Azim Premji sebagai orang terkaya di India, namun pria berusia 58 tahun ini dikenal rendah hati. Salah satunya Premji kerap naik bajaj selepas dari bandara ke rumahnya meski memiliki banyak mobil. Gaya hematnya juga ditularkan kepada pegawainya untuk mematikan lampu saat tidak digunakan dan mengurangi penggunaan kertas terlalu banyak. Selain itu dia juga dikenal dermawan.

Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia 3

MICHAEL HARTONO

Dikenal sebagai pemilik PT Djarum dan pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA), Michael Bambang Hartono tertangkap kamera netizen sedang duduk menyantap tahu pong di Semarang. Setelah tersebar luas di jagat maya, aksi sederhananya itupun membuat banyak orang kaget. Pria yang lebih dikenal sebagai bos besar Djarum itu merupakan orang terkaya kedua di Indonesia. Meski dengan semua labelnya itu, Michael tampak santai menyantap tahu pong di sebuah warung sederhana di Semarang. Di foto tersebut, Michael tampak mengenakan kaos berkerah berwarna biru terlihat tengah duduk menyantap tahu pong sambil memesan minum di atas meja kayu sederhana warung tersebut.

 

LANGKAH HIDUP SEDERHANA

Uang bukanlah segalanya, kamu tetap bisa menjalani kehidupan yang bahagia dengan kesederhanaan. Ada banyak orang yang merasa bahagia dengan kondisi mereka saat ini. Hal ini dapat terjadi karena gaya hidup, kepuasan pribadi, dan penerimaan mereka terhadap kondisi saat ini. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk menikmati hidup sederhana dan tidak berlebihan.

 

TERIMA DIRI SENDIRI DAN HIDUPLAH DIBAWAH KEMAMPUAN

Ganti keinginan terhadap sesuatu dengan belajar untuk tetap bahagia dengan apa yang dimiliki saat ini. Menerima keadaan diri sendiri adalah salah satu langkah awal untuk bersyukur dengan apa yang ada. Mereka hidup di bawah kemampuan Warren Buffet punya uang lebih dari 68,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 919,35 triliun. Dengan uang sebanyak itu, Buffet sebenarnya mampu membeli rumah dengan harga fantastis yang dia inginkan. Tapi, kenyataannya, Buffet sudah cukup nyaman tinggal di rumah lama yang dia beli tahun 1958 seharga 31.500 dollar AS sampai saat ini. Hal yang serupa ditunjukkan oleh Mark Zuckerberg yang memiliki kekayaan 51,5 miliar dollar AS. Kekayaan sebanyak itu memungkinkan pemilik Facebook ini membeli mobil mewah berharga jutaan bahkan miliaran dollar. Namun, Zuckerberg sudah cukup nyaman mengendarai mobil Volkswagen Black Acura TSX seharga 30.000 dollar AS.

 

NIKMATI HAL-HAL SEDERHANA DALAM HIDUP

Nikmati hal-hal kecil dalam hidup agar tetap merasa bahagia. Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan sesuatu dengan maksimal adalah melakukan apa yang disukai. Contohnya saja Bill Gates yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia saat ini karena melakukan apa yang disukainya. Seseorang yang melakukan apa yang mereka sukai akan lebih makmur daripada orang yang bekerja karena merasa terpaksa.

 

BANGUN KOMITMEN

Kamu juga harus berusaha membangun hubungan yang emosional dengan keluarga, teman, pasangan, dan orang-orang yang ditemui secara teratur. Hubungan yang terjalin dengan baik akan meningkatkan perasaan bahagia dalam hidup yang sedang kamu jalani defriends.

JANGAN MENDEWAKAN PENAMPILAN

Bila kamu perhatikan, orang-orang super kaya yang jenius itu justru tidak pernah terlalu peduli dengan penampilan luar mereka. Lihat saja penampilan Steve Jobs dengan T-shirt hitam kemana-mana. Juga Zuckerberg yang nyaman saja dengan kaos oblong berwarna abu-abu dan celana jeans. Mereka memilih strategi seefisien mungkin terutama untuk hal-hal yang kurang mendasar seperti “pakaian apa yang perlu dikenakan hari ini”. Dengan menghemat waktu dan energi memikirkan hal-hal kurang penting, orang-orang superkaya ini bisa memaksimalkan energi dan waktu mereka untuk memikirkan hal lebih penting seperti pengembangan bisnis. Selain itu, berpenampilan sederhana juga menghindarkan mereka dari langkah pemborosan uang untuk penampilan.

 

SENANG BERAMAL

Para orang superkaya dunia senang beramal. Bill Gates, pendiri dan pemilik Microsoft dan tercatat sebagai orang paling kaya sedunia, sudah dikenal sebagai pribadi yang suka sekali beramal. Tahun 2017 ini, Bill Gates menyumbangkan sekitar 4,6 juta dollar AS untuk kegiatan kemanusiaan. Nilai donasi itu adalah yang terbesar yang dikeluarkan oleh Gates dalam 17 tahun terakhir. Bill Gates memberi pelajaran penting tentang menjadi kaya: mereka yang benar-benar kaya adalah mereka yang senang memberi. Sejauh ini, Bill Gates mencatat kekayaan senilai 90 miliar dollar AS atau Rp 1.200-an triliun. Bukan hanya Bill Gates yang senang beramal. Orang superkaya lain seperti Buffet, George Soros, sampai Chuck Feeney, pendiri Duty Free Shops, juga dikenal sebagai pesohor kaya raya yang senang berbagi pada sesama.

 

TIDAK MANJA

Mereka tidak manja Banyak kalangan yang baru kaya sudah merasa berhak atas kenyamanan tingkat tinggi. Misalnya, membawa mobil pribadi kemana-mana walau terhadang macet yang sering tidak masuk akal. Ingvar Kampard, pendiri IKEA, yang memiliki kekayaan bersih 39,3 miliar dollar AS  nyaman-nyaman saja memakai transportasi umum kemana-mana. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Kampard tidak merasa harus mengubah gaya hidupnya menjadi serba wah. Kampard masih senang bepergian menumpang pesawat kelas ekonomi dan makan siang di kafetaria bersama karyawan-karyawannya dan naik bus kemana-mana.

Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia 4

RENDAH HATI

Ada ungkapan, orang kaya baru biasanya yang lebih “ngotot” menunjukkan kekayaan mereka. Didukung oleh media sosial, para OKB ini tidak sungkan memamerkan segala hal yang mereka anggap sebagai penanda status sosial dan kekayaan yang mereka miliki. Nah, bagaimana dengan mereka yang memang sungguh-sungguh kaya? Kebanyakan orang yang super kaya, justru enggan memamerkan kekayaan mereka. Para taipan yang super kaya justru lebih sering bersikap rendah hati. Contohlah pendiri Zara, Amancio Ortega yang tercatat sebagai orang terkaya nomer tiga di dunia dengan kekayaan 82,3 miliar dollar AS. Memiliki kekayaan berlimpah tidak mengubah gaya hidup Ortega menjadi super wah. Dia tidak segan bergabung dengan para karyawannya di kantor pusat Zara untuk makan siang di kafetaria. Penampilan Ortega juga sederhana dengan memakai blazer biru, kemeja putih dan celana abu-abu. Walau memiliki jet pribadi seharga 45 juta dollar AS, Ortega jarang memakainya karena waktunya sudah habis untuk bekerja.

MEMBAWA BEKAL MAKAN SIANG SENDIRI

Mereka membawa bekal makan siang sendiri, kamu pasti sudah sering membaca betapa besar nilai penghematan hanya dari kebiasaan membawa bekal makan siang dari rumah? Membawa bekal makan siang dari rumah bukan cuma membantumu lebih hemat uang jajan, tapi juga bisa menghemat waktu dari kebingungan mencari tempat makan yang tepat saat jam makan siang tiba. Kamu bisa lebih fokus memakai waktu tersebut untuk melakukan hal lain yang lebih penting. Charlie Ergen, pemilik Dish Network, yang memiliki kekayaan bersih 14,4 miliar dollar AS, sampai hari ini masih rajin membawa bekal makan siang dari rumah berisi sandwich dan minuman ringan setiap berangkat ke kantor. Bukan cuma itu, Ergen juga berbagi kamar dengan kolega kerja ketika tengah berdinas ke luar kota.

 

BAYAR LUNAS HUTANG KARTU KREDIT

Mereka selalu membayar lunas utang kartu kredit. Para super kaya jarang membawa uang tunai dalam jumlah besar. Mengutip Bussiness Insider, para orang super kaya lebih nyaman membawa uang tunai seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Mereka juga pengguna kartu kredit yang cerdas dengan selalu membayar penuh tagihan kartu kredit supaya tidak perlu membayar bunga kartu kredit yang mahal. Para orang super kaya ini selalu menerapkan strategi yang jeli dalam mengelola uang mereka supaya bisa mereka gunakan seoptimal mungkin.

 

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

Sumber: dari berbagai sumber