Blog Tips dan Trik

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Otak merupakan bagian organ tubuh yang paling penting. Tidak hanya berfungsi untuk mengingat sesuatu hal saja, namun otak memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan seluruh organ vital di dalam tubuh. Bertanggung jawab akan laju detak jantung, melepaskan hormon baik, mengatur tekanan darah merupakan sedikit dari banyaknya kegunaan otak pada tubuh. Tahukah kamu edufriends? Otak merupakan salah satu organ tubuh yang menggunakan setidaknya 20% kalori dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, kalori tersebut digunakan kembali sebagai ‘bahan bakar’ agar dapat mempertahankan konsentrasimu sepanjang hari. Tidak hanya itu saja, otak juga sangat membutuhkan asupan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin, antioksidan dan mineral.Berikutadalah 17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat 2

Semua asupan nutrisi tersebut tentu saja akan menimbulkan dampak positif bagi tubuh juga. Misalnya saja seperti menyediakan banyak energi serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit otak. Untuk itu, penting mengonsumi makanan berikut ini demi menutrisi otak. Agar selalu sehat dan mempertahankan daya kerja memorimu. Berikut beberapa makanan kaya nutrisi yang dikenal juga sebagai “Brain Food” yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otakmu edufriends. Apa sajakah itu? Check these out!

 

BUAH-BUAH BERRY

Buah-buahan berry mengandung polifenol, molekul antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk otak. Beberapa manfaatnya termasuk diantaranya meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak, Mengurangi peradangan di tubuh, Meningkatkan plastisitas otak, yaitu kemampuan sel-sel otak untuk membentuk koneksi baru, serta meningkatkan daya belajar dan daya ingat, mengurangi risiko atau menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia, serta mencegah penurunan kognitif. Kandungan flavonoid dan anthocyanin pada Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dapat menjadi pilihan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, berperan besar dalam mencegah kanker.

 

COKLAT

Kandungan Antioksidan dan Flavonoid dalam dark chocolate dikenal sebagai zat anti inflamasi, namun juga ternyata meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian yang diterbitkan FASEB Journal, mengonsumsi dark chocolate dengan setidaknya 70% kandungan kakao akan meningkatkan frekuensi gamma dalam otak. Ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat setelah mengonsumsinya dan bertahan selama dua jam edufriends.

 

KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikirmu. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak Omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya. Kacang tanah dan selai kacang juga diketahui kaya akan vitamin E, juga antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi harianmu edufriends.

 

TELUR

Telur membantu menunda penyusutan otak, memiliki banyak vitamin yang berperan penting untuk kesehatan otak yakni B6, B12, folat dan kolin. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kolin yang tinggi dapat bermanfaat untuk daya ingat dan mental yang lebih baik. Asupan tersebut dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi kuning telur yang memiliki 112 mg kolin. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi telur karena kolin dapat membantu perkembangan otak bayi. Sementara itu, vitamin B, B6, B12 dan asam folat diketahui mengurangi kadar senyawa yang disebut homosistein dalam darah. Peningkatan kadar homosistein sendiri telah dikaitkan dengan risiko stroke, gangguan kognitif dan alzheimer.

 

GANDUM MURNI

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf. Untuk kamu yang merasa sangat sulit dalam mengingat berbagai hal, ada baiknya rutin mengonsumsi gandum murni, edufriends. Makanan yang termasuk diantara gandum murni adalah beras atau pasta cokelat, roti atau biskuit gandum utuh, sereal, tortil gandum utuh.

 

SAYURAN

Ternyata rutin mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan kale, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat lho, sebab sayuran hijau kaya akan antioksidan dan asam folat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan asam folat, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, dengan cara mengurangi peradangan pada otak dan meningkatkan aliran darah ke otak. Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat dapat menjadi pilihanmu edufriends. Atau sayuran berwarna seperti Kubis ungu yang ternyata memiliki manfaat untuk menambah daya ingat. Kandungan vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi merupakan nutrisi yang penting bagi otak. Vitamin C sendiri akan membantu merangsang produksi sel darah putih sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika imun kita baik, maka sistem peredaran darah, saraf dan bagian yang terhubung ke otak juga bekerja dengan baik pula. Bukan hanya itu, zat antosianin sangat baik untuk melindungi sistem ingatan dan daya kerja otak. Zat ini dapat mencegah gangguan memori yang disebabkan karena penumpukan plak pada pembuluh darah otak.

 

SUSU DAN YOGURT

Makanan yang mengandung susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak. Dengan mengonsumsinya secara rutin kamu akan merasakan khasiatnya dimana kamu akan mudah ingat mengenai berbagai hal. Makanan yang mengandung susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Konsumsi secara rutin untuk menigkatkan daya ingatmu eufriends.

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat 3

 

ALPUKAT

Alpukat diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Beragam masker yang terbuat dari buah ini dapat mengatasi berbagai masalah di kulit wajah kalian, lho. Mengandung vitamin K dan folat, alpukat membantu mencegah pembekuan darah di otak yang tentu saja menjaga kita dari stoke. Kandungan tersebut juga meningkatkan fungsi kognitif terutama ingatan dan konsentrasi. Tak hanya itu, alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna menjaga sistem kerja vitamin E yang dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan daya ingat karena menghambat aliran darah yang cukup untuk sel-sel otak.

 

JERUK

Jeruk Dikenal sebagai sumber vitamin C, jeruk mampu mencegah timbulnya gejala penurunan fungsi mental. Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat kuat dalam mencekal radikal bebas penyebab kerusakan sel otak masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur akan melindungi kalian dari penurunan mental akibat usia.

 

BROKOLI

Brokoli, dengan kandungan vitamin K di dalamnya sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. Penelitian menyebutkan, para orangtua membutuhkan vitamin K yang tinggi untuk meningkatkan daya ingat lebih baik. Selain itu, Brokoli mengandung zat besi yang mendorong pembentukan sel darah merah sehingga aliran darah dari jantung ke semua organ dapat berjalan dengan baik. Zat besi juga menjaga otak untuk memperoleh pasokan darah dan oksigen yang cukup agar daya ingat bekerja dengan baik.

 

OAT

Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan dalam mengawali hari. Oatmeal yang terbuat dari oat ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Dalam oat terkandung lebih dari 50 nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi. Vitamin dan mineral penting bagi tumbuh kembang juga untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta berbagai proses lain yang terjadi dalam tubuhmu edufriends.

DAGING SAPI

Pastikan memilih daging sapi yang tak banyak mengandung lemak. Pasalnya, ia mengandung sumber makanan yang kaya mineral esensial dari besi dan seng. Mineral itulah, yang ditengarai menjadikan konsentrasi otak berfungsi dengan baik. Zat besi sangat penting dalam produksi neurotranmitter seperti dopamin dan serotonin. Sementara pada seng, ia  bisa membantu menjaga kesehatan sel otak. Manfaat yang serupa pada vegetarian, bisa pula kamu temukan pada kacang dan kedelai lho edufriends.

 

TEH DAN KOPI

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyatakan bahwa kafein dalam secangkir kopi dapat meningkatkan konsentrasi. Terbukti kandungan kafein dan antioksidan di dalam kopi mampu memberikan dampak positif bagi otak. Kafein bisa meningkatkan kewaspadaan otak secara efektif. Senyawa ini nantinya akan memblokir adenson atau bahan kimia yang berkaitan dengan rasa kantuk. Selain itu, kafein juga akan meingkatkan serotonin atau neurotransmitter yang baik bagi otak. Selain kopi, the juga dapat menjadi pilihn. Konsumsilah 1 sampai 4 cangkir teh hijau sepanjang hari yang ternyata mampu meningkatkan kewaspadaan, fokus dan kinierja mental. Hal ini karena kandungan kafein dan I’theanine yang terkandung di dalamnya. L’theanine mampu mengobati kecemasan, darah tinggi, mencegah Alzheimer bahkan mengobati kangker, selain itu l’theanine akan merangsang aktivitas alfa otak. Sementara kafein mampu memberikan energi, merangsang kinerja pikiran dan tubuh. Dibutuhkan 30 menit bagi I’theanine dan kafein untuk mencapai otak namun baru mencapai tingkat maksimal hingga lima jam setelah dikonsumsi. Kombinasi I’theanine dan kafein dalam dosis rendah dapat berinteraksi untuk menghasilkan kemampuan yang lebih baik dalam memusatkan perhatian dengan peningkatan kecepatan dan akurasi edufriends.

 

AIR

Air putih sangat penting untuk otak. ketika mengalami dehidrasi atau kekurangan minum, ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada ingatanmu. Oleh karena itu jangan pernah melupakan untuk minum air putih, agar otak tetap terlindung dan terhindar dari rusaknya ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang pada otak. Setidaknya manusia harus minum delapan gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian agar tubuh tetap terhidrasi. Laki-laki setidaknya harus meminum 2 liter air, sedangkan perempuan memerlukan sebanyak 1,6 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan hariannya.

 

IKAN BERLEMAK

Ternyata sering mengonsumsi ikan berlemak seperti, ikan sarden, dan ikan trot dapat meningkatkan kemampuan daya ingat lho, mengapa bisa? Karena ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3, yang biasa digunakan otak untuk membangun sel-sel otak dan saraf, yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat memperlambat penurunan mental yang disebabkan oleh usia, serta membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan menurunnya daya ingat seperti Alzheimer. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat 4

 

MINYAK KELAPA

Minyak Kelapa salah satu bahan makanan yang baik untuk tubuh kita. Kandungan asam lemak di dalamnya berfungsi sebagai sumber energi yang dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja otak. Selain itu, minyak kelapa berguna sebagai anti-inflamasi alami yang menekan sel yang bertanggung jawab untuk peradangan. Hal ini dapat membantu masalah kehilangan ingatan saat tua dan menghancurkan bakteri jahat di usus. Untuk penggunaannya, kalian bisa mencampurnya dengan berbagai makanan seperti yogurt. Atau ganti minyak untuk menggoreng dengan minyak kelapa.

 

BIJI LABU DAN BIJI BUNGA MATAHARI

Siapa sangka biji labu dapat bermanfaat untuk otak? Biji labu mengandung antioksidan kuat yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, biji labu mengandung seng yang penting untuk sinyal saraf. Sementara magnesium di dalamnya baik untuk proses belajar dan ingatan. Kadar magnesium dan seng yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit neurologis seperti depresi bahkan alzheimer. Selain biji labu juga terdapat Biji Bunga Matahari yang memiliki banyak manfaat untuk Otak sebagai makanan yang dapat membuat otak bekerja lebih tenang dan mengurangi tekanan otak. Hal tersebut akan membuat otak menangkap daya ingat yang lebih besar. Keseimbangan emosi juga bisa membantu otak bekerja lebih maksimal. Selain itu, biji bunga matahari mengandung betain yang mampu mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan menjaga jantung. Walau kecil ternyata manfaatnya besar, ya edufriends.

Selain daya ingat, konsentrasi juga sangat berperan penting. Tentu kamu tidak ingin melewatkan ingatan akan pelajaran penting karena kurangnya konsentrasi, bukan? Berikut beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasimu edufriends:

  • Perhatikan dengan saksama setiap informasi dan hal yang sedang kamu lakukan. Kamu tidak dapat berkonsentrasi melakukan suatu hal, jika tidak memperhatikan dan menyimak apa yang ditugaskan untukmu edufriends.
  • Utamakan tugas atau hal yang menjadi prioritas, dan lakukanlah satu pekerjaan pada satu waktu. Hal ini dapat membantu konsentrasi agar tidak terganggu atau berpindah-pindah.
  • Buatlah catatan tentang hal-hal penting apa saja yang harus kamu lakukan. Catatan ini dapat menjadi pengingat harianmu.
  • Matikan telepon genggam agar tidak mengganggu konsentrasi ketika belajar, Istirahatkan pikiran sejenak setelah beberapa waktu untuk meningkatkan lagi konsentrasimu

 

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

 

Asupan nutrisi otak paling baik didapatkan dari makanan sehat. Apabila kebutuhan zat gizi tersebut sudah cukup dan tidak mengalami defisiensi, maka terjaga juga daya ingatmu. Di samping mengonsumsi makanan sehat di atas dan makanan bervariasi lain, kamu juga disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat termasuk diantaranya tidur yang cukup, senantiasa terhidrasi, dan berolahraga teratur edufriends. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 17 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat

Sumber: dari berbagai sumber