CPNS

Latihan Soal Tes CPNS Logika Umum

Latihan Soal Tes CPNS Logika Umum 1
Ditulis oleh Feby

Artikel ini akan membahas latihan soal tes CPNS dengan materi logika umum. Materi logika umum sebenarnya sudah dipelajari pada pelajaran matematika di SMA. Tes logika umum ini tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan Edufriends dalam menghubungkan dan menafsirkan sesuatu.

Bagi Edufriends yang ingin melihat video pembahasannya, cek disini:

Sekarang, yuk kita bahas soalnya satu persatu!

Semua pegawai diwajibkan mengenakan batik.

Dado bukan pegawai.

Maka, …

a. Dado bisa jadi mengenakan batik

b. Dado tidak wajib mengenakan batik

c. Dado tidak suka mengenakan batik

d. Dado tidak punya batik

Pembahasan:

untuk menjawab soal ini, kita gunakan konsep logika matematika berkuantor universal, yaitu premis dengan kata “semua”.

Bila diilustrasikan:

Latihan Soal Tes CPNS Logika Umum 2

Kemudian kita cek satu persatu dari pilihan ganda.

Pilihan a. Dado bisa jadi mengenakan batik

Dari premis yang ada tidak ada keterangan pakaian yang Dado kenakan hanya keterangan bahwa Dado bukan pegawai sehingga pilihan A kurang tepat

Pilihan b. Dado tidak wajib mengenakan batik

Dari premis yang ada Semua pegawai diwajibkan mengenakan batik dan Dado bukan pegawai sehingga Dado bukanlah bagian yang yang disebutkan pada premis pertama sehingga Dado tidak wajib mengenakan batik dikarenakan bukan pegawai.

c. Dado tidak suka mengenakan batik
Dari premis yang ada hanya ada keterangan profesi Dado dan tidak ada keterangan pakaian yang disukai Dado. Sehingga pilihan C kurang tepat

d. Dado tidak punya batik
Begitupula dengan pilihan ini tidak ada keterangan pada premis sehingga kurang tepat

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Dado tidak wajib menganakan batik

Semua pekerja lepas memiliki tabungan.

Sebagian pekerja lepas berencana menjadipekerja tetap.

Maka, …

a. Sebagian pekerja lepas yang memilikitabungan berencana menjadi pekerja tetap

b. Semua pekerja lepas seharusnyaberencana menjadi pekerja tetap

c. Ada pekerja lepas yang menjadi pekerjatetap dan memiliki tabungan

d. Semua pekerja lepas memiliki tabungandan berencana menjadi pekerja tetap

Bila diilustrasikan menjadi:

Latihan Soal Tes CPNS Logika Umum 3

Pada soal kedua ini terdapat dua premis menggunakan logika berkuantor yaitu kuantor universal “Semua” dan kuantor eksistensial “Sebagian”.

Untuk soal ini, fokuskan pada kuantor eksistensial yaitu kata “Sebagian”. Sehingga premis kedua akan kita bahas yaitu: Sebagian pekerja lepas berencana menjadi pekerja tetap.

Pada premis pertama dikatakan bahwa Semua pekerja lepas memiliki tabungan, artinya ‘sebagian pekerja lepas’ pada premis kedua merupakan bagian dari ‘semua pekerja lepas’ pada premis pertama. Sehingga ‘sebagian pekerja lepas yang berencana menjadi pekerja tetap’ memiliki tabungan atau jika kita ubah kalimatnya sebagian pekerja lepas yang memiliki tabungan berencana menjadi pekerja tetap. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Mudah dipahami ya Edufriends. Lanjut ke soal berikutnya ya!

Semua kendaraan menggunakan BBM.

a. Semua mobil menggunakan bensin

b. Semua kendaraan menggunakan bensin

c. Semua sepeda motor menggunakan bensin

d. Sebagian mobil menggunakan bensin

Sama seperti dua soal sebelumnya, pada soal ini juga menggunakan premis berkuantor universal karena ada kata “Semua”. Sekarang cek satu persatu pilihan gandanya.

Pilihan a. Semua mobil menggunakan bensin

Pada pilihan ini, semua mobil merupakan kendaraan yang masuk ke dalam premis yang menggunakan BBM. Terdapat macam-macam BBM yang biasa digunakan manusia untuk mobil selain bensin yaitu solar. Tidak semua mobil menggunakan bensin, ada mobil yang menggunakan bahan bakar solar. Sehingga ‘Semua mobil menggunakan bensin’ kurang tepat.

Pilihan b. Semua kendaraan menggunakan bensin

Pada premis dinyatakan bahwa “Semua kendaraan menggunakan BBM”, seperti yang sudah dibahas bahwa terdapat macam-macam BBM selain bensin dan salah satunya solar sehingga tidak semua kendaraan hanya menggunakan bensin namun ada juga kendaraan yang menggunakan solar. Sehingga ‘Semua kendaraan menggunakan bensin’ kurang tepat

Pilihan c. Semua sepeda motor menggunakanbensin

Pada pilihan ini, semua sepeda motor merupakan kendaraan yang masuk ke dalam premis yang menggunakan BBM. Terdapat macam-macam BBM yang biasa digunakan manusia untuk sepeda motor selain bensin yaitu bensol biru. Tidak semua sepeda motor menggunakan bensin, ada motor balap yang menggunakan bahan bakar bensol. Sehingga ‘Semua sepeda motor menggunakan bensin’ kurang tepat.

Pilihan d. Sebagian mobil menggunakan bensin

Pada pilihan ini, mobil merupakan bagian dari kendaraan yang masuk ke dalam premis yang menggunakan BBM. Terdapat macam-macam BBM yang biasa digunakan manusia untuk mobil selain bensin yaitu solar. Sebagian mobil menggunakan bensin dan sebagian lagi menggunakan solar. Sehingga ‘Sebagian mobil menggunakan bensin’ adalah pilihan yang tepat. Jadi, jawabannya adalah D.

Kesimpulan yang kita dapat untuk soal logika umum adalah untuk menarik kesimpulan kita harus mengaitkan premis satu dengan lain dan biasanya untuk soal dengan premis kuantor universal dan eksistensial diutamakan kesimpulan dengan kuantor eksistensial dengan kata “sebagian/ada”