Blog Sains dan Teknologi Tips dan Trik

Intip 18 Aplikasi yang akan Membantumu Belajar Maksimal

Intip 18 Aplikasi yang akan Membantumu Belajar Maksimal 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Perkembangan digital mulai masuk ke berbagai sektor, termasuk pendidikan, dengan banyaknya startup atau usaha rintisan mengembangkan platform atau aplikasi untuk memberikan pembelajaran secara online. Aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur mulai dari belajar melalui video animasi, latihan soal, bahkan persiapan untuk menghadapi berbagai ujian. Berikut ini beberapa aplikasi belajar online yang dapat kamu manfatkan edufriends. Apa sajakah itu? Check these out!

Intip 18 Aplikasi yang akan Membantumu Belajar Maksimal 2

RUMAH BELAJAR

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kamu bisa menikmati berbagai bentuk konten pembelajaran yang disediakan seperti berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif dan yang pasti gratis. Aplikasi rumah belajar dikembangkan oleh Kemendikbud, bisa dibilang aplikasi ini menjadi aplikasi belajar terbaik atau acuan penting dalam belajar sesuai kurikulum Indonesia. Ukuran aplikasi inipun terbilang cukup kecil untuk smartphone kamu yaitu hanya 1,7 MB saja. Selain itu dalam aplikasi ini tersedia berbagai fitur keren seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa kamu akses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

 

KHAN ACADEMY

Mungkin dari kamu ada yang sudah mengenal atau mengetahui website satu ini. Setelah menuai kesuksesan dari websitenya yang fenomenal, kini Khan Academy mulai merambah pada segmen aplikasi android. Khan Academy melalui aplikasinya menyediakan berbagai macam ilmu pengetahuan dan informasi. Mulai dari ekonomi, sejarah, fisika, kimia, biologi dan masih banyak lagi. Khan Academy sangat kreatif serta menarik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dengan menyenangkan dan melibatkan berbagai sarana penunjang seperti video, daripada hanya menyajikan tulisan yang membosankan serta menjemukan. Bagi kamu yang membutuhkan tempat belajar yang lengkap, KhanAcademy bisa menjadi salah satu pilihan solusi.

 

DUO LINGO

Duo lingo aplikasi belajar online android. Saat ini menguasai bahasa asing pastinya menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Aplikasi ini dikhususkan bagi yang ingin menguasai bahasa asing tertentu yang kamu inginkan. Selain itu Duo lingo memiliki tampilan yang keren, menarik, serta dipenuhi icon-icon modern dan warna. Aplikasi garapan Luis von Ahn dan Severin Hacker Tentunya free alias gratis. Aplikasi ini sudah berjalan di dua os populer yaitu android dan IOS.

 

PHOTOMATH

Photomath merupakan salah satu aplikasi yang berhasil menggabungkan antara kamera dan kalkulator. Apabila ada soal matematika yang sulit kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu dalam menyelesaikan soal tersebut. Caranya mudah, kamu cukup membuka aplikasi ini lalu mengarahkan kamera ke soal tersebut, kemudian jawabannya akan muncul secara otomatis di layar smartphonemu. Namun, ada satu hal yang tidak bisa dikerjakan oleh aplikasi ini yaitu soal dalam bentuk cerita. Kamu bisa mengakali nya dengan mengubah bentuk soal tersebut ke bentuk persamaan linier atau inti soal tanpa cerita drama. Beberapa bentuk materi soal matematika seperti aljabar, aritmatika, integral, trigonometri, logaritma, dan lainnya bisa kamu selesaikan dengan bantuan aplikasi ini.

 

QUIPPER

Quipper merupakan aplikasi layanan solusi belajar online. Pengguna bisa menikmati belajar yang seru dengan berbagai konten seperti video amimasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas di Quipper Video. Aplikasi yang dikembangkan Quipper Ltd ini menyediakan ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional. Pelajaran tersebut berlaku untuk untuk persiapan berbagai jenjang pendidikan dalam menghadapi UN SMP, UN SMA, SBMPTN dan ujian reguler di sekolah. Pengguna juga bisa menanyakan soal langsung ke tutor dan konsultasikan rencana akademis dengan pembimbing terbaik di Quipper Video Masterclass. Siswa juga dapat menikmati layanan Quipper School untuk mengerjakan tugas dari guru secara online.

 

BEELINGUAPP

Beelinguapp adalah salah satu aplikasi belajar bahasa asing dengan metode buku audio, dengan mengusung metode tersebut kamu bisa belajar sambil melakukan aktifitas lainnya. Cara belajarnya cukup sederhana, kamu bisa mulai dengan memilih bahasa yang ingin dipelajari, lalu pilih materi berupa cerita atau novel. Selanjutnya kamu tinggal menyimak materi yang dibacakan oleh seorang narator. Bahasa yang bisa kamu pelajari diantaranya English, German, Spanish, Portuguese, French, Hindi, Korean, Russian, Chinese, Arabic, Italian, Japanese, Turkish dll. Disini kamu bisa mempelajari bagaimana cara membaca kalimat serta bagaimana cara mengucapkannya dengan benar. Banyak sekali cerita menarik yang tersedia seperti The Ugly Duckling atau yang sering kita dengar cerita itik buruk rupa sampai Alice in Wonderland bisa kamu dengarkan dalam aplikasi ini. Bahkan untuk kamu yang suka cerita sejarah pun tersedia dalam aplikasi ini seperti Napoleon Bonaperte, Archimedes, The Three Musketeers dan lain-lain. Namun untuk mendengarkan cerita tersebut ada biaya yang harus kamu keluarkan, tapi jangan khawatir masih banyak juga cerita yang bisa kamu dengarkan secara cuma-cuma alias gratis.

 

SOCRATIC

Melihat dari penamaan aplikasinya mungkin sekilas dipengaruhi nama seorang filsuf ternama dari Yunani yaitu Socrates, yang merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Aplikasi ini bisa dibilang seperti atau ibarat guru les gratis dalam bentuk aplikasi, hanya butuh internet dan smartphone untuk mewujudkannya. Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, kamu hanya cukup foto soal yang ingin kamu tanyakan atau kerjakan, lalu jawaban akan diberikan untukmu dari berbagai sumber. Kamu bisa mempelajari berbagai materi pembelajaran mulai dari matematika, sejarah, kimia, dan lainnya. Lebih dari 100 juta pertanyaan telah terpecahkan dan terjawab pada aplikasi ini. Ditambah lagi aplikasi ini juga bisa membaca tulisan tanganmu. Tapi inget, syaratnya tulisan tangan kamu bisa dibaca ya.

 

WHITE NOISE

Aplikasi ini sangat membantu kamu yang ingin fokus belajar, bekerja, ataupun beristirahat. Kamu bisa memainkan suara alam seperti hujan, burung berkicau, air terjun dan lainya yang membantu kamu dalam berkonsentrasi serta menemanimu saat belajar. Caranya cukup mudah yaitu cukup membuat daftar favorit suara alam tersebut atau lagu sesuai waktu yang kamu tentukan edufriends.

 

HELLOTALK

Hello Talk merupakan salah satu aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Selain itu kamu juga bisa belajar bahasa lain selain Bahasa Inggris sebab aplikasi ini memiliki kurang dari 100 bahasa dari seluruh dunia yang tersaring dalam aplikasi Hello Talk. Hello Talk juga terdapat di iOS. Kemampuan Bahasa Inggrismu akan meningkat drastis dengan belajar Bahasa Inggris menggunakan aplikasi Hello Talk.

 

QUISTLET

Quistlet merupakan aplikasi belajar yang membuatmu seperti sedang bermain game. Aplikasi ini mengubah metode belajar yang biasa menjemukan menjadi lebih menyenangkan. Jadi, kamu dapat membuat gambar dan suaramu sendiri serta mulai terpacu untuk menyelesaikan kuis yang kamu buat ataupun pelajar lain dari komunitas quistlet. Menghapal kosakata atau kalimat lebih cepat kamu cukup menuliskan kata ataupun kalimat tersebut dan bisa kamu mainkan aplikasi ini kapanpun dan dimanapun kamu mau.

 

HELLO CHINESE

Untuk kamu yang tertarik banget mendalami bahasa mandarin, Hello Chinese harus banget ada di gadget kamu. Bahasa mandarin sendiri masuk dalam bahasa yang patut dipelajari karena masuk kategori bahasa dunia atau global. Nah, untuk menunjang kemampuan bahasa mandarin kamu, Hello Chinese menawarkan belajar berbahasa mandarin dengan cara yang menyenangkan. Hello Chinese menawarkan pelajaran bahasa mandarin mulai dari Basic 1 hingga 3 dan berikutnya kamu akan belajar warna, angka, makanan, waktu, pertanyaan, serta masih banyak lainnya. Cocok banget untuk kamu yang ingin belajar bahasa mandarin dari tahapan paling dasar! Sayangnya untuk aplikasi ini hanya baru ada di Android edufriends.

 

Intip 18 Aplikasi yang akan Membantumu Belajar Maksimal 3

NOTEBLOC

Aplikasi menyalin dan mengkopi catatan belajar. Mungkin dari namanya saja kamu sudah terbayang fungsi aplikasi ini. Jika kamu mau menyalin atau mengkopi catatan guru, dosen, atau punya teman, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu. Sedangkan cara kerjanya sendiri kurang lebih mirip mesin fotokopi atau scanner. Selain itu kamu juga bisa mengedit atau mengatur tingkat kecerahan catatan dan share dengan teman kalian. Aplikasi ini memindahkan kedalam bentuk digital seperti format pdf ataupun gambar. Aplikasi bisa membantu mendeteksi, merekomendasi, dan sudut potong terbaik dari bagian yang kamu dibutuhkan. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup baik dan ketajaman gambar yang memuaskan.

 

QUICK MATS

Matematika memang menjadi sebuah mata pelajaran yang terkesan membosankan dan menakutkan bagi anak-anak kebanyakan. Padahal, dengan cara yang tepat, belajar matematika bisa jadi sebuah kegiatan yang seru dan menyenangkan juga, lho! Kamu bisa mengajak anak-anak belajar matematika lewat Quick Maths karena prosesnya dikemas dalam berbagai aktivitas yang menyenangkan. Aplikasi belajar matematika terbaik ini juga dapat membantu meningkatkan berbagai kemampuan matematika anakmu dengan mudah.

 

RUANG GURU

Ruangguru adalah aplikasi bimbingan belajar online yang menawarkan solusi lengkap hanya dalam satu aplikasi. Pengguna bisa belajar melalui video, latihan soal, les privat, dan tryout yang bisa diakses hanya melalui smartphone. Ruangguru menyediakan konten untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA yang sesuai dengan kurikulum nasional. Aplikasi yang dikembangkan oleh ruangguru.com ini dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur belajar yaitu mulai dari fitur Video Belajar, dengan fitur tersebut, pengguna bisa menonton ribuan video belajar beranimasi dan pembahasan soal untuk SD, SMP, SMA, bersama tutor dengan durasi hanya 5-10 menit per video. Video juga bisa diunduh agar pengguna bisa menonton berulang kali. Kemudian fitur Latihan Soal dan Pembahasan, pengguna bisa mempertajam pemahamannya melalui lebih dari puluhan ribu latihan soal dan pembahasan dari berbagai tingkat kesulitan (termasuk High Order Thinking Skills atau HOTS). Hasil latihannya bisa langsung keluar disertai dengan pembahasannya. Ruangguru juga menghadirkan fitur Rangkuman Modul Bimbel. Fitur ini bisa digunakan setelah menyelesaikan semua misi. Pengguna dapat mengunduh rangkuman yang dapat disimpan di galeri smartphone yang bisa dijadikan bahan untuk belajar. Dan fitur Catatan Squad Ruangguru, untuk membagikan catatan pelajaran dan catatan-catatan lain dari Sahabat Ruangguru di seluruh Indonesia.

 

KELAS PINTAR

Aplikasi ini memberikan solusi belajar lengkap untuk kelas 1 hingga kelas 12 dengan metode interaktif, yang membuat aktivitas belajar lebih mudah dan efektif. Extramarks menyajikan berbagai alternatif cara belajar, mulai dari visual, audio dan kinestetik. Sajian tersebut berdasarkan perbedaan karakter siswa memberikan inspirasi bahwa cara belajar setiap siswa juga berbeda. Aplikasi ini hadir dengan tiga metode belajar efektif yaitu Learn, Practice dan Test. Fitur Learn akan memberikan penjelasan menyeluruh secara audio visual mengenai pelajaran melalui konsep belajar, animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book). Sedang fitur Practice bertujuan untuk penguatan konsep melalui latihan dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS, Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Sementara fitur Test dijadikan sebagai valuasi menyeluruh dari proses belajar dengan berbagai bentuk tes seperti Adaptive Test, Soal Pilihan Ganda, Tes Periodik hingga Ujian Semester. Selain itu, Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen pendidikan, yaitu murid, guru dan orang tua ada dalam satu platform yang sama untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar. Aplikasi ini dapat membantu murid memahami, mendukung guru mengajar dan membuat orang tua tenang.

LINGBE

Lingbe Salah satu aplikasi untuk menguji kemampuan Bahasa Inggrismu. Lingbe adalah aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris yang berbasis komunitas. Jadi kamu akan terhubung dengan sesama pengguna yang memiliki keahlian atau sedang belajar Bahasa Inggris dari berbagai negara di dunia. Tapi syarat bergabung di dalam komunitas aplikasi Lingbe ini adalah tidak hanya mempelajari Bahasa Inggris, namun harus mengajari orang agar mampu atau mahir dalam berbahasa Indonesia. Aplikasi Lingbe tidak hanya mengajari soal bahasa saja, aplikasi ini memberi pelajaran lebih, pelajaran tersebut adalah budaya dan cara bergaul dengan banyak orang di dunia, edufriends.

 

FOREST

Aplikasi Forest ini merupakan aplikasi timer atau pengatur waktu yang bisa membantu kita fokus saat belajar atau melakukan sesuatu. Saat kita ingin fokus belajar, kita bisa menggunakan aplikasi Forest ini. Dalam aplikasi itu, nantinya kita akan “menanam” bibit yang lama-kelamaan menjadi pohon. Nah, jika kita tidak fokus dan teralihkan dengan membuka aplikasi lain pada ponsel, pohon yang kita tanam akan layu. Aplikasi ini bisa membuat kita tidak teralih, lebih fokus, dan jadi tidak menunda-nunda melakukan sesuatu. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik untuk belajar atau melakukan aktivitas lainnya. Serunya, semakin kita sering menggunakan aplikasi ini, kita akan mendapatkan hadiah spesies tumbuhan baru dan lama-kelamaan semakin banyak pohon yang kita “tanam” di aplikasi itu. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi terbaik Google Play pada 2015 dan 2016, dan aplikasi pilihan editor untuk kategori aplikasi produktif pada 2018.

 

Intip 18 Aplikasi yang akan Membantumu Belajar Maksimal 4

 

BUSUU

Busuu adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu dalam belajar Bahasa Inggris kapanpun dan dimanapun dengan cara yang mudah. Tanpa terbatas oleh waktu kamu sudah bisa mempelajari banyak kosakata baru, hal ini bertujuan agar wawasan Bahasa Inggrismu semakin bertambah. Kelebihan dari aplikasi Busu adalah Bisa diunduh dengan gratis. Tidak terikat waktu Banyak dukungan bahasa asing selain Bahasa Inggris masih banyak bahasa lain. Disertai dengan gambar jadi akan sangat mempermudahmu dalam belajar. Tampilan interface segar dan mudah Mudah belajar dengan banyaknya kosakata Terdapat kuis untuk menguji wawasan. Aplikasi Busuu adalah pengembangan dari sebuah situs belajar bahasa asing Busuu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melanjutkan kelas belajar walaupun tidak mengaksesnya melalui PC. Busuu juga memiliki banyak fitur-fitur menarik yang membantumu untuk mempelajari Bahasa Inggris. Ketika mengakses aplikasi ini untuk pertama kali akan ada tes penempatan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan. aplikasi Busuu ini adalah aplikasi offline yang terdapat di Android dan iOS. Aplikasi Busuu merupakan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bisa membantu dalam belajar Bahasa Inggris.

 

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

 

Itulah aplikasi paling berguna untuk pelajar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya edufriends!

Sumber: dari berbagai sumber