Gak Selalu Horror, Inilah Asal Mula Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) 1

Gak Selalu Horror, Inilah Asal Mula Program KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Beberapa waktu lalu sempat viral banget cerita mistis tentang pengalaman KKN. Cerita yang awalnya disampaikan dalam sebuah thread di twitter itu pun menarik perhatian warganet hingga menyebar luas. Cerita bertajuk KKN di Desa Penari tersebut kemudian memancing pembaca untuk ikut membagikan pengalaman yang terjadi saat KKN. Misalnya, bagaimana sulitnya tinggal di desa yang asing, bagaimana melaksanakan program kerja yang udah dibuat, sampai mengatur kebutuhan kelompok sendiri agar bisa bertahan hidup selama sebulan. Nggak sedikit juga yang menceritakan pengalaman mistis yang terjadi saat KKN. Seolah menguatkan asumsi bahwa  KKN itu selalu horor.

Bagi yang udah pernah ikut KKN, kemunculan cerita KKN di Desa Penari tersebut menjadi ajang nostalgia di grup KKN. Susah senang yang terjadi saat KKN seolah muncul lagi dalam ingatan di kepala. Begitu juga mahasiswa yang akan melaksanakan KKN malah jadi bikin nggak sabar bahkan iseng-iseng ngebayangin saat KKN nanti mau ngapain aja. Nah, bagi yang jurusan kuliahnya nggak ada program KKN, cerita tersebut bikin penasaran dan nggak sedikit juga yang ingin merasakan KKN. Kalo Edufriends yang mana nih? Nostalgia, nggak sabar, atau penasaran mau KKN?

Sebenarnya, Edufriends sendiri udah tau belum sih asal mula adanya program KKN?

KKN merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Pada tahun 1971, Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memilih Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanudin, dan Universitas Andalas sebagai kampus perintis kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil proyek dan evaluasi pengabdian masyarakat tersebut kemudian dipresentasikan di depan Rektor Universitas dan Institut Negeri pada Maret 1972. Hasilnya, Direktur Pendidikan Tinggi kemudian meminta 13 universitas dari 13 provinsi untuk melakukan program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Mahasiswa yang mengikuti KKN berasal dari lintas jurusan. Jadi, dalam satu kelompok berisi teman-teman yang jurusannya berbeda dengan kamu, Edufriends. Kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan program kerja yang sudah dirancang oleh tim kelompok dan telah disepakati oleh dosen pengampu dan juga pihak desa. Nah biasanya nih, setiap individu mendapat tugasnya masing-masing yang dibagi berdasarkan kebutuhan program kerja.

Program kerja apa aja yang bisa dilakukan?

Program kerja yang dapat kamu lakukan ketika KKN tergantung dari kampus. Ada kampus yang sudah menetapkan tema apa yang harus dibuat program kerja. Misalnya tema KKN tahun ini adalah kesehatan, maka kamu bisa membuat program kerja yang berkaitan dengan kesehatan, dan itu bervariasi kegiatannya. Seperti memberikan penyuluhan kesehatan, mengadakan pemeriksaan medis, melatih warga keterampilan pertolongan pertama, dsb. Namun ada juga kampus yang membebaskannya kepada mahasiswa. Jika program kerja nggak ditentukan oleh kampus, biasanya kegiatannya lebih beragam dari berbagai aspek.

Sebelum kamu tinggal di desa untuk KKN, biasanya kamu diharuskan untuk survey lokasi KKN yang bertujuan untuk izin dengan pejabat desa, mencari tempat tinggal, hingga mengobservasi apa saja potensi yang bisa dibuat program kerja. Setiap kelompok juga dibimbing oleh dosen pengampu sehingga kamu bisa mendiskusikan program kerja tersebut bersama dosen dan pejabat desa. Jika semua persiapan sudah matang, maka kamu siap tinggal di desa selama 1-2 bulan untuk pengabdian masyarakat.

Setiap daerah tentu memiliki adat dan peraturannya masing-masing. Sebagai orang luar yang sedang ‘menumpang’ di desa lain, alangkah baiknya menjaga sikap dan perkataan agar tidak mengganggu dan membuat nggak nyaman warga asli daerah tersebut. Kisah horror mungkin saja ada, jangankan di daerah baru, di tempat biasa kita tinggal pun juga ada. Bagaimana itu mempengaruhi hidup kita tergantung dari cara kita bersikap dan berkata. Edufriends nggak perlu takut atau khawatir akan terjadi hal-hal mistis di desa tempat kamu KKN nanti, yang terpenting kamu tetap bersikap sopan dan tahu batasan ya.

Eits, jangan lupa nih Edufriends, laksanakan program kerja yang sudah dibuat dengan maksimal dan sepenuh hati. Jangan sampai KKN nya malah jadi Kuliah Kerja Nyantai :D. Percaya deh sama Eduteam, jika program kerja tersebut menghasilkan sesuatu yang baik dan memuaskan maka kamu akan merasa bangga karena pengabdianmu nggak sia-sia. Seru banget pokoknya!

Kini hampir semua kampus negeri maupun swasta mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN. Bahkan KKN masuk dalam bobot mata kuliah lho! Edufriends yang udah pernah KKN, coba dong ceritain bagaimana kesannya ketika KKN, nah bagi yang belum, apa sih hal yang akan kamu lakukan ketika KKN?

author avatar
A Learner.