Blog Kuliah Tips dan Trik

Ini 16 Kesalahan Belajar yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan

Ini 16 Kesalahan Belajar yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Jika pada jaman dahulu, belajar umumnya dilakukan dengan cara berkelompok atau datang ke tempat-tempat les. Seiring dengan kemajuan jaman, kini telah banyak aplikasi pada smartphone yang membantumu untuk mengoptimalkan cara belajar. Namun meskipun begitu, masih banyak dari kita yang melakukan kesalahan belajar alias tidak sesuai dengan standar belajar pada umumnya. Hasilnya, bukannya efektif, malah jadi lebih sulit menyerap apa yang sedang dipelajari. Berikut adalah kesalahan yang biasa kita lakukan dengan atau tanpa kamu sadari edufriends.

Ini 16 Kesalahan Belajar yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan 2

PAHAMI KONSEP

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pelajar adalah pemahaman konsep. Kebanyakan dari pelajar cenderung menghafal, tanpa mengetahui dari mana asal-usul materi yang mereka hapal. Pertanyaan bagaimana bisa adalah landasan dari suatu konsep. Misalnya dalam pelajaran persamaan kuadrat menentukan akar – akar. Untuk mencari jumlah akar-akar x1 + x2 kebanyakan pelajar hanya menghafalkan rumus –b/a tanpa mengetahui darimana datangnya rumus –b/a tersebut. Nah, disinilah peran konsep tersebut, bagaimana bisa x1+x2 = -b/a. Jika menghafal kita hanya dapat memecahkan satu model masalah saja sementara dengan menguasai konsep kita dapat memecahkan masalah dengan model lain. Cobalah mencari konsepnya, memang langkah ini membosankan dan memakan banyak waktu tetapi keunggulannya bila ada model masalah lain kita tidak akan bingung untuk menyelesaikannya.

SISTEM KEBUT SEMALAM

Siapa yang belajar hanya ketika jelang ujian apalagi satu malam jelang ujian? Menggunakan system beljar ini akan membuatmu mudah melupakan materi yang telah kamu pelajari. Padahal setelah ujian, materi yang kamu pelajari akan terus berlanjut hingga Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Sekolah. Lebih parah lagi jika kamu menggunakan metode screening, yaitu hanya belajar pada pagi hari sebelum ujian. Dengan cara belajar ini kamu hanya akan membaca secara cepat dan melompati materi-materi yang mungkin penting. Kerugian yang akan kamu alami dengan metode belajar tersebut adalah melewatkan materi-materi yang justru penting juga pemahaman tentang suatu pelajaran secara setengah-setengah.

 

TERLALU BANYAK BERMAIN GADGET

Kita semua menyadari bermaian gadget sambil belajar akan menganggu konsentrasi namun jari-jari terus saja menggeser layar smartphone. Hanya satu solusinya, bertekad. Mulailah bertekad untuk lebih disiplin. Bila sekarang adalah waktunya untuk belajar, lakukanlah belajar sebagaimana semestinya. Sedikit-sedikit mengecek gadget akan membuatmu tidak fokus belajar. Karena itu, cobalah hindari gadget untuk sementara waktu saat kamu sedang fokus mengulang materi pelajaran. Bila masih juga tergiur untuk bermain-main, kamu bisa pilih dengan menonaktifkan dan menjauhkan handphone-mu sementara edufriends.

PREVIEW DAN REVIEW

Ini adalah strategi yang sangat ideal. Kenapa? Dengan preview sebelum tatap muka di kelas kita dapat mengetahui gambaran apa yang akan dipelajari. Bila ada yang tidak kita pahami, kita dapat menanyakan kepada guru atau dosenmu edufriends. Berikutnya adalah review, dengan cara ini otak kita akan familiar dengan materi pembelajaran yang baru saja kita terima. Seperti pepatah, yang mengatakan bila pisau terus diasah maka akan semakin tajam. Begitu pula otak kita, Salah satu cara untuk mereview adalah dengan mengerjakan berbagai contoh soal edufriends. Perlu diketahui Waktu yang efektif untuk belajar itu bukan seberapa lamanya kamu belajar tapi seberapa seringnya kamu belajar. Cukup dengan belajar 15 menit setiap hari sudah dikatakan efektif dibanding kamu belajar 4 jam seminggu sekali. Belajarlah dengan rutin agar otakmu terus-menerus terlatih edufriends.

 

BELAJAR PASIF

Di zaman yang canggih ini, sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkannya untuk belajar. Jangan hanya berpaku pada buku catatanmu saja, karena kamu tidak akan bisa berkembang jika hanya belajar dari satu soal yang sama, carilah referensi materi pelajaranmu di internet, misalnya mencari latihan soal dan pembahasan. Cukup banyak yang memberi latihan soal dan pembahasan dengan cuma-cuma. Belajarlah di luar kelas dengan tutor sebaya atau belajar dengan kakak kelas. Dengan hal ini setidaknya ada masalah yang akan terselesaikan, misalnya kita semakin paham dengan materi atau tugas-tugas selesai dikerjakan. Mengakses situs belajar online juga dapat kita kategorikan sebagai belajar secara aktif edufriends. Selain itu cari cara belajarmu. Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kamu unik. Kamu tidak sama dengan siapapun di dunia ini, bahkan saudara kembarmu jika kamu memilikinya. Oleh karena itu, kenali dirimu. Kenali dan pahami bagaimana sebenarnya cara belajarmu. Lakukan refleksi, dan berkontemplasi. Pikirkan dan ingat-ingat kesuksesan-kesuksesan yang telah kamu rain. Pikirkan dan ingat-ingat juga kegagalan-kegagalan atau kekurangberhasilan yang menimpamu. Mengapa itu terjadi? Bagaimana kamu belajar sebelumnya? Dengan cara ini pula kamu akan memperoleh cara-cara belajar paling efektif untuk dirimu sendiri.

 

SUMBER BELAJAR KURANG BEBRVARIASI

Agar belajar tak terasa membosankan tak ada salahnya kita mencari sumber belajar yang lebih interaktif misalnya saja belajar melalui YouTube atau SlideShare. Berkecimpung hanya dengan buku saja tentu akan membuatmu bosan, nah inilah yang mesti diwaspadai. Agar tidak bosan, belajar secara visual adalah solusinya. Untuk saat ini telah banyak situs-situs yang memberikan pembelajaran secara online, misalnya Khan Academy, Solo Learn, Code Academy, atau melalui channel-channel YouTube edufriends. Berikut ini beberapa aplikasi belajar online yang dapat kamu manfatkan edufriends, diantaranya:

  • Khan Academy: Melalui aplikasinya menyediakan berbagai macam ilmu pengetahuan dan informasi. Mulai dari ekonomi, sejarah, fisika, kimia, biologi dan masih banyak lagi. Khan Academy sangat kreatif serta menarik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dengan menyenangkan dan melibatkan berbagai sarana penunjang seperti video, daripada hanya menyajikan tulisan yang membosankan serta menjemukan.
  • Duo lingo aplikasi belajar online android. Saat ini menguasai bahasa asing pastinya menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Aplikasi ini dikhususkan bagi yang ingin menguasai bahasa asing tertentu yang kamu inginkan.
  • Photomath merupakan salah satu aplikasi yang berhasil menggabungkan antara kamera dan kalkulator. Apabila ada soal matematika yang sulit kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu dalam menyelesaikan soal tersebut. Caranya mudah, kamu cukup membuka aplikasi ini lalu mengarahkan kamera ke soal tersebut, kemudian jawabannya akan muncul secara otomatis di layar smartphonemu.
  • Quipper merupakan aplikasi layanan solusi belajar online. Pengguna bisa menikmati belajar yang seru dengan berbagai konten seperti video amimasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas di Quipper Video. Aplikasi yang dikembangkan Quipper Ltd ini menyediakan ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional.

 

MERASA TERPAKSA

Merasa terpaksa saat belajar akan membuat nilaimu Jeblok. Misal, jika kamu tidak menyukai pelajaran Matematika, tapi karena besok ulangan, maka mau tak mau kamu harus belajar, dan akhirnya kamu belajar dengan keterpaksaan. Karena kamu menjalaninya dengan terpaksa membuat materi yang kamu pelajari tidak masuk ke otak, alih-alih akan membuatmu uring-uringan sendiri karena tidak juga paham. Oleh karenanya jangan pernah merasa terpaksa walaupun kamu tidak suka salah satu mata pelajaran, belajarlah dengan ikhlas, sebab dengan ikhlas pelajaran pasti lebih cepat terserap ke otak edufriends.

Ini 16 Kesalahan Belajar yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan 3

JANGAN BELAJAR TERLALU LAMA

Kebiasaan yang tidak baik dalam Proses belajar adalah anak belajar terlalu lama melebihi 30 menit. Batas waktu yang wajar adalah tidak lebih dari 30 menit, agar kamu tidak merasakan jenuh yang berlebihan. Dengan pola belajar tidak melebihi 30 menit dan dilakukan secara konsisten setiap harinya akan lebih baik dibanding belajar dengan durasi yang terlalu lama. Misalkan setiap hari kamu belajar pada pukul 19.00 wib, Maka di hari berikutnya kamu dapat belajar pada waktu yang sama. Dimana kegiatan dilakukan secara konsisten akan menstimulasi otak untuk menjaga waktu agar dapat belajar pada jam tersebut. Selain itu, informasi yang didapatkan dalam proses belajar akan lebih efektif. Waktu belajar bisa dilakukan lebih dari satu kali dalam sehari, misalkan setiap pukul 03.00 sore, 05.00 sore dan 07.00 malam setiap harinya.

 

TIDAK MENGERTI CARA BELAJAR YANG BENAR

Misalnya jika kamu punya 4 jam untuk belajar ekonomi dan 4 jam itu langsung dipakai untuk belajar materi, kamu mungkin hanya akan mendapatkan nilai 70. Tetapi jika kamu menggunakan waktu belajar selama 45 menit secara efektif, meskipun kamu hanya belajar materi hanya 3 jam lebih nilai kamu bisa lebih besar dari 70. Sederhananya, seperti kamu memotong sesuatu dengan pisau yang tajam akan lebih mudah dibandingkan dengan pisau yang tumpul. Jadi kamu harus mempertajam pemahaman kamu terhadap materi pelajaran terlebih dulu.

 

MENGGARISBAWAHI DENGAN STABILO

Menggaris bawahi maupun menstabilo itu sebenarnya penting untuk belajar. Dengan menstabilo, bagian penting suatu materi akan mudah ditemukan ketika sedang mengulang bacaan. Namun, menstabilo justru mengurangi efektivitas belajar. Kerugian akibat menstabilo adalah Stabilo tembus ke halaman belakang sehingga kertas tidak karuan warnanya, Menggaris bawahi ataupun menstabilo justru merusak konsentrasi otak saat membaca ulang, karena apa yang tidak terstabilo atau garis bawah akan dianggap tidak penting sehingga tidak diingat oleh otak. Menandai bagian yang penting memang baik, namun sebaiknya stabilo hanya ke 2 hal berikut :  Judul pembahasan, dan Rumus

 

SUDAH MENGERJAKAN PR = SUDAH BELAJAR

Pada dasarnya mengerjakan PR adalah bagian kecil dari belajar, namun mengerjakan PR tidak boleh disebut sebagai belajar karena keduanya adalah 2 hal yang berbeda. Jika ingin belajarmu lebih efektif, pisahkanlah antara waktu mengerjakan PR dengan belajar. Artinya, jika kamu ingin belajar selama 2 jam, maka gunakan 2 jam untuk belajar, dan tambahkan waktu lainnya untuk mengerjakan PR edufriends.

 

NGEMIL DAN CHATTING SAAT BELAJAR

Saat belajar sebaiknya memang santai, misalnya sambil sesekali ngemil maupun sambil chat. Namun sebaiknya hal ini benar-benar hanya dilakukan sesekali saja, sebab otak manusia pada dasarnya tidak dapat multitasking (melakukan 2 hal secara bersamaan) dalam melakukan perintah motorik (menghafal sambil makan atau menghafal sambil chat). Ketika belajar, jauhkan sementara handphone, dan camilanmu edufriends.

 

TIDAK BELAJAR SESUAI DOMINASI OTAK

Tidak semua orang tahu tentang dominasi otaknya. Padahal sudah sangat jelas bahwa kemampuan setiap orang dalam menerima atau menangkap suatu hal dipengaruhi oleh penggunaan otak dominan (kiri atau kanan). Ada yang lebih mudah memahami tulisan, ada yang lebih mudah memahami jika materi disampaikan dengan suara, ada pula yang membutuhkan gambar untuk memahami, dan ada yang memerlukan semuanya agar lebih mudah memahami sesuatu. Semua tergantung pada dominan otak setiap orang. Mengetahui dominan otak yang kita gunakan, bisa dengan melakukan test edufriends.

 

MENDENGARKAN MUSIK

Ternyata, belajar sambil mendengarkan musik tidak hanya membuatmu semangat. Ada banyak manfaat dari belajar sambil mendengarkan musik. Mulai dari mengaktifkan Banyak Sel pada Otak, sebab Musik yang kamu dengar sambil belajar ternyata bisa mengaktifkan hampir semua sel pada otakmu. Hal itu membuat otakmu menjadi lebih sehat dan selalu aktif. Selain itu juga memperkuat Ingatan, musik Mozzart effect memperkuat ingatanmu. Beberapa ilmu meyakini keampuhan teori The Mozzart Effect. Mozzart Effect adalah efek yang timbul saat kamu belajar sambil mendengarkan musik. Kamu bisa memperkuat ingatan.

Oleh karena itu, mendengarkan lagu apa pun dapat memperkuat kapabilitas mental pada dirimu. Menyembuhkan Tubuh, Pikiran, dan Jiwa musik Musik bisa jadi obat. Dalam ringkasan buku Tapping the Power of Music to Heal the Body, Strengthen the Mind, and Unlock the Creative Spirit karya Don Campbell, teori The Mozart Effect menjelaskan bahwa musik juga bisa sebagai obat pada tubuh, pikiran, dan jiwamu, musik juga meningkatkan Kreativitas Belajarmu sambil mendengarkan musik bikin kreatif.

Mendengarkan musik sambil belajar ternyata dapat meningkatkan kreativitas pada dirimu. Peneliti menggunakan musik, seperti lagu-lagu sonata dari Mozart, membuktikan bahwa alunan lagu yang kamu dengar ternyata berpengaruh sekali untuk beberapa fungsi mental, terutama untuk kreativitas yang penting untuk proses belajar.

 

TIDAK MENCATAT DI KERTAS TAPI MEDIA LAIN

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, memang dapat memudahkan banyak hal, termasuk dalam hal belajar. Sayangnya, hal ini terkadang malah membuat pelajar menjadi orang yang malas dalam mencatat. Biasanya banyak pelajar yang lebih suka menfoto atau mengetik materi yang diberikan oleh guru ketimbang mencatat dikertas. Yang menjadi masalah adalah, biasanya catatan yang dibuat tidak pada kertas atau buku maka, akan lebih jarang untuk dipelajari ulang. Ada sebuah kalimat yang mengatakan : “Merangkum dan menulis kembali apa yang sudah kita baca dan pelajari nilainya setara 3 kali membaca” Jadi usahakan untuk tetap menulis, karena dengan menulis, kita sama saja membantu otak kita dalam mengingat apa yang sedang dipelajari. Dan dengan menulis kita juga akan mempunyai bahan untuk belajar saat ujian nantinya.

Ini 16 Kesalahan Belajar yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan 4

BELAJAR KELOMPOK DI RUMAH TEMAN

Belajar bersama teman memang sesuatu menyenangkan, selain bisa saling mengajari satu sama lain, hal ini juga seru karena tidak membosankan. Tetapi masalahnya adalah, saat belajar bersama biasanya kita lebih banyak waktu untuk mengobrol dibandingkan dengan waktu belajarnya. Jadi saat kalian memutuskan untuk belajar bersama maka, sebaiknya membuat kesepakatan dulu tentang materi apa yang ingin dibahas bersama. Tentukan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membahas materi tersebut. Dan yang paling penting adalah, pilih teman belajar yang sekiranya bisa konsisten dan mau mengikuti kesepakatan yang telah dibuat, serta tunjuk salah satu orang untuk menjadi ketua belajar. Tentunya orang tersebut harus bisa tegas atau mintalah bantuin orang yang lebih tua untuk mengawasi kalian.

 

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

 

Demikianlah kesalahan umum yang banyak dilakukan masyarakat dalam proses belajar. Dengan mengubah kebiasaan belajar menjadi lebih baik, maka diharapkan kamu bisa menyimpan informasi dengan lebih baik dan efektif edufriends!

Sumber: dari berbagai sumber