Cara Memaksimalkan Diri di Perkuliahan 1

Cara Memaksimalkan Diri di Perkuliahan

Mahasiswa baru di beberapa universitas sudah mulai aktif perkuliahan. Bagaimana dengan kamu Edufriends? Nggak sedikit mahasiswa baru merasa bingung bagaimana beradaptasi dengan dunia perkuliahan yang jauh berbeda dengan sekolah. Menjadi mahasiswa artinya kita dituntut menjadi dewasa dengan menentukan masa depan sendiri, mengatur jadwal kuliah sendiri, dan membuat perencanaan akademik sendiri. Nah, buat kamu para mahasiswa baru, nggak perlu bingung lagi, Eduteam akan kasih tips bagaimana memaksimalkan diri di perkuliahan. Simak yuk!

Aktif Mencari Tahu

Saat berada di dunia perkuliahan, kita dituntut harus mandiri, termasuk aktif mencari tahu segala informasi yang ada di kampus. Informasi yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik perlu dicari supaya Edufriends nggak ketinggalan info pentingnya. Kamu bisa tanya-tanya ke kakak tingkat, ke BEM kampus maupun ke Humas Kampus.

Membuat Rencana Akademik

Mumpung kamu masih di awal masa perkuliahan, ini waktu yang pas buat bikin rencana akademik. Misalnya membuat rencana tiap bulan yang berisi perkembangan akademik kamu, atau rencana semesteran yang berisi peningkatan nilai, kamu juga bisa menyusun target di tahun berapa kamu harus mulai garap skripsi dan lulus kuliah. Siap?

Membuat To Do List

Selain membuat rencana akademik, Edufriends perlu membuat to do list dari keseluruhan kegiatan yang setiap hari Edufriends lakukan. Nanti jika kegiatan yang ada dalam list terselesaikan, tinggal dicoret atau diceklis aja. Hal ini biar semua kegiatan menjadi terarah dan jelas pencapaiannya.

Ikut Organisasi atau Komunitas

Jadwal kuliah yang kamu tentukan sendiri, tentu membuat waktumu menjadi lebih fleksibel. Daripada kamu hanya luntang-lantung nggak jelas, lebih baik waktu kosongmu digunakan untuk ikut organisasi atau komunitas yang kamu minati. Bertemu orang-orang baru dari latar belakang yang berbeda denganmu serta mengikuti diskusi forum akan memberikan pandangan baru serta memperluas wawasan kamu, Edufriends.

Time Management itu Penting!

Semua yang udah disusun dan direncanakan nggak akan berjalan mulus tanpa time management yang baik. Edufriends harus pintar dalam mengelola waktu yang dipunya, jangan sampai semua yang udah disusun berantakan gitu aja. Kamu harus membagi waktumu secara seimbang pada catatan to do list yang kamu punya dan fokus padanya. Eits, biar kamu nggak merasa stress, jangan lupa menyisipkan free time buat relaksasi diri kamu sendiri ya!

Yuk Edufriends mumpung masih awal perkuliahan, ini waktu yang pas buat kamu memulai hal yang baik. Supaya kedepannya perkuliahan kamu sedikit mudah dijalani. Semangat, Edufriends!

author avatar
A Learner.