Kuliah

Bermimpi Kuliah di Korea Selatan Beasiswa KAIST Ini Dapat Menjadi Pilihan

Bermimpi Kuliah di Korea Selatan Beasiswa KAIST Ini Dapat Menjadi Pilihan 1
Ditulis oleh atap

Edutore.com – Menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu tujuan bagi pelajar dari berbagai belahan dunia untuk melanjutkan pendidikannya, tanpa terkecuali pelajar dari Indonesia. Untuk bisa kuliah ke luar negeri, khususnya Korea, dibutuhkan biaya yang tidaklah sedikit dan terkadang hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan para pelajar enggan melanjutkan studinya ke luar negeri. Nah, bagimu yang ingin melanjutkan studi ke Korea, tidak perlu khawatir dengan masalah biaya. Saat ini sudah banyak organisasi, yayasan, ataupun pemerintah yang menawarkan sejumlah beasiswa ke negara ini, Beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) International Student Scholarship dapat menjadi pilihan edufriends.

Bermimpi Kuliah di Korea Selatan Beasiswa KAIST Ini Dapat Menjadi Pilihan 2

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) merupakan kampus terbaik yang dinobatkan sebagai kampus peringkat 1 oleh QS Rank 2019. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, didirikan pada tahun 1971 dan memiliki tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) juga dinobatkan sebagai universitas paling inovatif di kawasan Asia-Pasifik. Salah satu proyek penelitian yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah para peneliti mengembangkan sistem transportasi listrik, di mana kendaraan mendapatkan daya dari kabel di bawah jalan melalui pengisian magnetik non-kontak. Ini adalah contoh bagaimana Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) memimpin bidang dalam mengembangkan teknologi baru yang mungkin mengatasi masalah dunia seperti konsumsi energi dan kemacetan di daerah perkotaan.

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) sendiri menduduki peringkat 100 besar dalam rank universitas di dunia versi QS Top Universities, atau tepatnya peringkat ke-40. Menyediakan bidang studi engineering dan sains yang sangat beragam dengan reputasi mendunia. Setiap tahunnya, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) memiliki sekitar 9000 mahasiswa yang tergabung dalam program undergraduate (S1), graduate (S2, S3), dan post-graduate. Kampus utama Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) berada di kota Daejeon. Lokasinya tidak begitu sulit ditempuh, yaitu sekitar 2 jam dari Seoul, di kota Daejeon sendiri terdapat banyak lokasi riset pemerintah, sehingga Daejeon sering disebut sebagai Silicon Valley of Korea. Hal ini mendukung kerjasama antara Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan pemerintah Korea. Selain itu terdapat juga kampus lain di Seoul untuk sekolah bisnis, pascasarjana bidang keuangan, manajemen informasi dan manajemen media.

Sebagian besar kuliah dan kegiatan penelitian berlangsung di kampus utama Daejeon, yang juga merupakan tempat tinggal kebanyakan siswa. Terdapat total 29 asrama di pinggiran kampus Daedeok, yang terpisah berdasarkan gender, juga apartemen untuk siswa yang sudah menikah di luar kampus. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi prioritas di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), meskipun terdapat juga klub dan perkumpulan untuk mahasiswa, dan universitas yang mengadakan acara seni reguler termasuk opera, drama, konser pop, tarian dan resital klasik. Bagimu yang tertarik mengambil beasiswa ini, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui edufriends:

SEKILAS TENTANG BEASISWA KAIST

Bahasa yang digunakan di dalam kelas Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), hampir seluruhnya adalah bahasa Inggris. Namun, tentu saja pelajaran bahasa Korea sangat dianjurkan, mengingat tidak banyak masyarakat Korea yang berbahasa Inggris dalam kesehariannya. Khusus untuk program undergraduate, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki sertifikasi bahasa Korea TOPIK tingkat 2. Sementara bagi mahasiswa pascasarjana, tidak ada syarat khusus namun disesuaikan dengan lokasi penelitian. Secara umum, semua mahasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) disponsori oleh lembaga tertentu, baik pemerintah, lembaga riset, atau kampus. Sebelumnya untuk dapat diterima di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), mahasiswa harus melewati beberapa jenis tes masuk mulai dari seleksi dokumen, tes tertulis untuk departemen tertentu, dan wawancara. Kemudian, beasiswa akan ditentukan berdasarkan hasil tes. Berikut beberapa hal-hal menyenangkan di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) terkait sistem pendidikan edufriends:

  • Tidak ada kewajiban untuk mahasiswa S1 untuk melakukan Tugas Akhir atau yang sering kita sebut skripsi.
  • Mahasiswa di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) diberi kebebasan untuk melakukan penelitian atau tidak sama sekali. Jika memilih penelitian maka akan ada beberapa opsi, seperti internship, penelitian tugas akhir, atau riset dengan topik tertentu; yang memungkinkan mahasiswa untuk menyesuaikan pilihannya dengan rencana masa depan.
  • Mahasiswa juga diberikan kebebasan memilih mata kuliah yang diinginkan setiap semesternya dengan beberapa kuliah wajib saja. Kampus juga sangat mendukung program pertukaran pelajar untuk mahasiswa S1. Dukungan ini diberikan dalam bentuk kerjasama antar sekolah di seluruh dunia dan bantuan finansial untuk mahasiswa yang berminat.
  • Untuk kehidupan akademik, kuliah yang diberikan cukup menantang dan mendukung budaya kompetisi yang tinggi di antara mahasiswa. Perbedaan paling menonjol adalah, mahasiswa di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) sangat fokus pada studi dan berbudaya secara individual edufriends.

Bermimpi Kuliah di Korea Selatan Beasiswa KAIST Ini Dapat Menjadi Pilihan 3

PEMBIAYAAN BEASISWA KAIST

Berikut ini cakupan pembiayaan yang diberikan dari beasiswa ini. Silakan diperhatikan setiap pointnya Edufriends:

  • Biaya kuliah penuh, atau pembebasan biaya kuliah selama 8 semester
  • Biaya hidup: 350.000 KRW per bulan atau sekitar 4.5 juta perbulannya
  • Asuransi Kesehatan Nasional: Beasiswa ini tidak mencakup biaya sewa tempat tinggal disana, biaya makan dan perjalanan. Kamu dapat mencari biaya sendiri nantinya atau mencoba meminta bantuan kepada pemerintah setempat edufriends.

PERSYARATAN BEASISWA KAIST

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Silakan diperhatikan setiap pointnya ya Edufriends:

  • Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.
  • Orangtua pelamar bukan merupakan bagian dari warga negara Korea Selatan.
  • Sebelumnya tidak pernah bersekolah (SD/SMP/SMA) di Korea Selatan.
  • Telah lulus SMA/SMK/Sederajat atau akan lulus di tahun 2020.
  • Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT minimal 83 / TOEFL PBT min. 560 (lama) atau minimal 63 (baru) / TOEFL CBT minimal 220 / IELTS minimal 6,5 / TOEIC Listening & Reading minimal 720.
  • Semester Genap, Kandidat telah atau akan lulus dari pendidikan menengah atas (SMA/SMK/MA) pada 28 Februari 2020
  • Semester Ganjil: Kandidat telah atau akan lulus dari pendidikan menengah atas (SMA/SMK/MA) pada 31 Agustus 2020
  • Tetap mendapatkan Beasiswa ini, kamu diharuskan mempertahankan nilai IPK diatas 2.7 (skala 4.3) setelah tahun pertama

PROSEDUR PENDAFTARAN BEASISWA KAIST

Berikut ini beberapa prosedur lengkap untuk kamu yang berminat mendaftar beasiswa ini, edufrieds, perlu diketahui semua Dokumen yang dibutuhkan adalah Softcopy, Lengkapi berkas-berkas dokumen ini dalam bentuk scan:

  • Formulir pendaftaran
  • Dokumen atau surat rekomendasi dari sekolah yang diisi oleh wali guru atau guru akademik.
  • Profil SMA/SMK yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang di submit dapat berupa website yang dapat dikenali oleh panitia.
  • Scan transkip nilai selama 3 tahun
  • Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT minimal 83 / TOEFL PBT minimal 560 (lama) atau minimal 63 (baru) / TOEFL CBT minimal 220 / IELTS minimal 6,5 / TOEIC Listening & Reading minimal 720. Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan paspor
  • Statement of Financial Resources – Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Scholarship
  • Statement of Financial Resources – Sponsorship
  • Sertifikat penghargaan dan prestasi (tidak wajib)

Seluruh dokumen di atas wajib di-scan (softcopy) dalam ukuran A4 terlebih dahulu, Pastikan untuk dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah (transkrip nilai, hasil nilai UAN, profil sekolah) dilegalisir terlebih dahulu oleh pihak sekolah asal. Dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah edufriends.

TATA CARA MENDAFTAR BEASISWA KAIST

Mempermudah pendaftaran, pastikan kamu sudah membaca Panduan Pendaftaran pada klik disini. Silakan lakukan pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) pada website klik disini. Pelamar kemudian akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80,000 KRW (Rp 1.000.000) yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit (harap dicatat bahwa biaya aplikasi tidak dapat dikembalikan dan kamu tidak dapat mengubah formulir aplikasi setelah membayar biaya aplikasi). Selanjutnya upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas pada formulir pendaftaran online. Untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima beasiswa, pelamar harus mencentang tulisan “KAIST scholarship” pada bagian Statement of Financial Resources. Apabila kesulitan melakukan pendaftaran via online, kamu juga dapat mengirimkan berkas pendaftaran via pos ke alamat berikut:

Undergraduate Admissions Team, Office of Admissions, KAIST
#102, Yang Boon Soon Bld. (E16-1)
291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea
Tel: (+82-42) 350-4803

Setelah melakukan pendaftaran, kamu dapat mengecek status pendaftaran pada website apply.kaist.ac.kr, memastikan apakah berkas dokumen yang disubmit atau dikirimkan sudah lengkap atau belum. Kirimkan aplikasi dan dokumen lengkap pada jam 5:00 malam (KST) sebelum batas waktu aplikasi. Harap perhatikan bahwa tanggal untuk Pengumuman Pendaftaran dapat berubah, dan wawancara tidak selalu diperlukan untuk semua pelamar. Kamu akan dihubungi melalui email individu jika diperlukan wawancara edufriends.

Bermimpi Kuliah di Korea Selatan Beasiswa KAIST Ini Dapat Menjadi Pilihan 4

INFORMASI RESMI BEASISWA KAIST

Berikut ini beberapa tautan atau kontak yang dapat kamu akses untuk mendapatkan informasi resmi dari beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST):
Website : https://bit.ly/2AeOfP8
Tel. +82-42-350-4803
E-mail. [email protected]
Alamat. #102, E16-1, 291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea

UNIVERSITS TERBAIK KOREA LAIN YANG DAPAT KAMU PILIH

Selain Beasiswa KAIST, Korea Selatan semakin menunjukkan sambutan yang baik untuk para pelajar asing yang ingin belajar disana. Ini dibuktikan dari kualitas kampus yang semakin baik dan tidak kalah bergengsi dari kampus-kampus di United States dan Jepang. Buatmu yang berencana kuliah di Korea Selatan, berikut ini lima kampus terbaik lainnya yang dapat kamu pilih edufriends:

SEOUL NATIONAL UNIVERSITY

Seoul National University (SNU) adalah universitas negeri terkemuka di Korea yang berdiri pada tahun 1946. Lebih dari 30 ribu mahasiswa internasional belajar di kampus ini. Kampus Seoul National University (SNU) sendiri terdiri dari kampus sarjana, pascasarjana, serta sekolah profesional. Seoul National University (SNU) menyediakan pendidikan bereputasi global ini menyediakan perkuliahan berbahasa Inggris. Kampus Seoul National University (SNU) merupakan salah satu kampus terbaik di Asia yang saat ini menempati rangking 35 terbaik di dunia atas acuan QS World University Rangkings. Program unggulannya diantara lain olahraga, teknik kimia, teknik dan teknologi, sosial politik, teknik elektro, teknik mesin, ilmu alam, farmasi dan masih banyak lagi.

KOREA UNIVERSITY

Korea University merupakan salah satu kampus negeri di bawah naungan kementerian pendidikan Korea Selatan. Kampus ini berdiri pada tahun 1905 dan menjadi salah satu universitas terbesar dan terbaik di Korea Selatan. Korea University sendiriterdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Total mahasiswa yang sedang berkuliah di kampus ini mencapai 30.000 orang mencakup program sarjana, magister, dan doctoral edufriends.

SUNGKYUNKWAN UNIVERSITY (SKKU)

Universitas yang berdiri pada tahun 1398 ini memiliki motto “kemanusiaan, kebenaran, kesopanan, dan kebijaksanaan”. Keempat unsur tersebut merupakan kebajikan utama pada manusia yang dibawa sejak manusia lahir. Kampus ini telah memainkan peran dalam banyak hal mulai dari pengembangan alphabet ninja Korea sampai pengajaran konfusianisme, filosofi sosial yang mendasari masyarakat Korea modern. Kampus Sungkyunkwan University (SKKU) memiliki 2 kampus terpisah: kampus ilmu humaniora dan ilmu sosial di Seoul Pusat dan kampus sains di Suwon. Ada kurang lebih empat sekolah menawarkan gelar di tingkat sarjana dan dua belas sekolah menawarkan gelar tingkat magister dan doktor.

YONSEI UNIVERSITY

Yonsei University adalah sebuah kampus Kristen privat yang berlokasi di Seoul. Kampus ini menduduki peringkat 107 dunia dan peringkat 19 di Asia. Kampus Yonsei adalah salah satu dari tiga kampus bergengsi di Korea Selatan setelah Seoul University dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) University. Kampus Yonsei telah menghasilkan lulusan terkenal di bidang politik, hukum, fisika, teknik, sastra, akademik, dan seni. Kampus yang berdiri pada tahun 1885 ini memiliki sekitar 24.000 siswa dan 3500 di antaranya adalah mahasiswa internasional.

HANYANG UNIVERSITY

Hanyang University adalah universitas swasta yang berdiri pada tahun 1939 di Seoul. Universitas ini juga memiliki kampus-kampus cabang di Ansan. Terakreditasi dan diakui oleh Menteri Pendidikan Korea, universitas ini juga menerima mahasiswa internasional. Tetapi mahasiswa internasional mungkin perlu mengikuti ujian masuk. Selain program gelar S1 hingga S3, universitas juga menawarkan perkuliahan jarak jauh, program online dan program pertukaran mahasiswa. Beasiswa dan bantuan keuangan juga tersedia bagi mahasiswa internasional.

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat dengan melanjutkan sekolah di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), seperti penelitian berkualitas dunia, belajar dari dosen-dosen yang hebat, juga network yang berharga di masa depan. Namun mendapatkannya tentunya melalui perjuangan yang sulit dan tidak sebentar. Sekian info, semoga bermanfaat Edufriends!

Sumber: dari berbagai sumber