Tips dan Trik

6 Cara Agar Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

6 Cara Agar Tidur Menjadi Lebih Berkualitas 1
Ditulis oleh Feby

Tidur merupakan kebutuhan semua orang. Tidur yang cukup membuat tubuh menjadi segar keesokan hari. Jika kurang tidur, bisa menurunkan daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan kerja otak. Jika kurang tidur dilakukan terus menerus, dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, obesitas, diabetes sampai kanker. Edufriends, yang dimaksud dengan tidur berkualitas itu seperti apa sih? Tidur berkualitas yaitu tidur nyenyak dengan waktu tidur yang cukup dan teratur. Nah, bagaimana cara mendapatkan tidur berkualitas? Yuk, baca artikel ini!

Hindari makan dan minum kopi sebelum tidur

Edufriends, jika Edufriends lapar pada malam hari, sebisa mungkin kalian makan 2 jam atau 1 jam sebelum tidur. Jika kita makan berat, sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak kalian. Selain itu, usahakan untuk tidak minum kopi sebelum tidur. Kopi mengandung kafein yang dapat membuat kita sulit mengantuk.

Tidur siang tidak terlalu lama

Jika Edufriends terbiasa dengan tidur siang, lebih baik Edufriends tidak tidur siang selama lebih dari 20 menit. Tidur siang lebih dari 20 menit membuat Edufriends terjaga pada malam hari, sehingga akan sulit untuk tidur.

Tidak olahraga berat pada malam hari

Olahraga biasanya dapat membuat tubuh kembali fresh dan semangat lagi. Tetapi, memforsir diri dengan melakukan olahraga yang berat sebelum tidur akan membuat tubuh Edufriends menjadi lelah dan akan membuat tidur menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, kita bisa mengganti olahraga yang kita lakukan menjadi sederhana lagi, yang bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Jauhkan gadget sebelum tidur

Edufriends, biasanya jika kita sudah memegang gadget, rasa ngantuk dan niat untuk tidur yang semula dirasakan bisa menghilang. Alangkah baiknya sebelum tidur singkirkan dahulu peralatan elektronik seperti gadget agar tubuh bisa rileks dan tidur nyenyak sehingga tidur kita pun bisa lebih berkualitas.

Merapikan kamar

Salah satu hal yang membuat kita sulit tidur yaitu suasana kamar yang berantakan. Maka dari itu, sebelum tidur kita harus merapikan kasur terlebih dahulu dan membuat suasana kamar menjadi senyaman mungkin. Lalu matikan lampu agar tubuh bisa istirahat sepenuhnya.

Buat jadwal tidur agar teratur

Salah satu tips agar tidur berkualitas yaitu dengan membuat jadwal tidur. Dengan adanya jadwal tersebut, sebisa mungkin kita harus disiplin akan jadwal jam tidur yang kita buat, walaupun pada hari libur. Sehingga, kita bisa tidur dengan nyenyak dan tidur kita berkualitas.

Dari sekian banyaknya tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas diatas, kuncinya hanya 1 Edufriends, yaitu disiplin waktu. Jangan gunakan waktu tidur kita dengan kegiatan-kegiatan yang tidak perlu. Karena jika kita kurang tidur, bukan hanya tubuh yang sakit dan suasana hati yang jelek, tetapi bisa mendatangkan banyak penyakit juga. Maka dari itu, tetap jaga kesehatan, rajin berolahraga, dan makan-makanan yang sehat ya, Edufriends.