Tips dan Trik

Cara Pintar Menghadapi Bullying

Cara Pintar Menghadapi Bullying 1
Ditulis oleh Feby

Bullying atau perundungan adalah perbuatan buruk yang dilakukan dengan cara merendahkan martabat seseorang dengan sengaja. Saat ini kasus bullying sering kali terjadi di kalangan remaja. Bentuk bentuk bullying dapat berupa merendahkan orang lain dengan sengaja secara fisik, verbal, maupun tulisan. Dikhawatirkan bullying sering kali dialami oleh pelajar di sekolah. Oleh karena itu, Eduteam akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi bullying di sekolah

Tingkatkan keberanian dan rasa percaya diri

Tunjukkan pada lingkungan sekitar bahwa Edufriends bukan orang yang lemah dan mudah untuk ditindas. Serta abaikan saja apa yang mereka katakan dan berusaha untuk bodoh amat dengan apa yang mereka lakukan.

Buktikan kalau Edufriends lebih berprestasi dari mereka

Balas perbuatan tak menyenangkan dari mereka dengan segudang prestasi. Dengan begitu, mereka akan sadar kalau Edufriends bukanlah orang yang tidak bisa melakukan apa-apa melainkan mereka lah yang memiliki kelemahan.

Bersikap terbuka dan perbanyak teman.

Pelaku bullying hanya berani menindas orang yang lemah dan sendirian. Mereka tidak menjadikan seseorang target bullying jika orang tersebut memiliki banyak teman. Bersikaplah baik kepada semua orang, cobalah untuk ramah dan memulai pertemanan dengan siapapun.

Berani melaporkan tindakan bullying

Kita semua itu berharga dan tidak layak untuk menerima perlakuan buruk yang disengaja, oleh karena itu jika Edufriends mengalami kasus bullying jangan ragu untuk melaporkan ke orang tua dan guru kalian. Jangan menutupi semua perlakuan yang tidak menyenangkan yang di dapat dari orang lain, karena itu hanya akan memperburuk masalah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi perilaku bullying. Pada dasarnya pelaku bullying hanya berani jika melakukan tindakan tersebut secara berkelompok. Kumpulkan keberanianmu untuk tidak mudah tertindas oleh mereka. Jika kamu melihat adanya bullying, laporkan segera pada guru dan orang tua untuk mencegah perundungan lebih lanjut. Jangan merasa takut ya, Edufriends!